Honda adalah salah satu pelopor pengembangan teknologi baru untuk produk mobil dan sepeda. Saat ini Honda meluncurkan fitur unik untuk sepeda motornya yaitu Honda Riding Assist. Ini adalah motor konsep all-electric yang secara terus meneur menghitung setiap posisinya. Selanjutnya, itu juga bisa menggerakkan bilah-bilah untuk memastikan bahwa sepeda motor selalu tetap dalam posisi tegak. Fitur baru ini sangat membantu saat mengendarai sepeda motor saat kondisi lalu lintas yang padat.

Di Tokyo Motor Show, Honda memamerkan sepeda motor yang dapat berdiri sendiri dengan atau tanpa pengendara. Motor matic ini menggunakan teknologi robot yang sama seperti yang diciptakan Honda saat mengembangkan robot humanoid yang sedang berjalan.

Honda Riding Assist Technology

Mengapa Honda Riding Assist?
Mengendarai sepeda dengan kecepatan sangat lambat sangat menantang namun memiliki efek faktor keseimbangan. Ini membutuhkan tenaga lebih dan juga melelahkan karena pengendara harus menyeimbangkan berat kendaraan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka Honda menggunakan teknologi Riding Assist membantu keseimbangan sepeda motor hingga bisa berdiri secara tegak. Read the rest of this entry »

Konsep Film Dokumenter

Konsep yang dibangun dari film dokumenter adalah membangun suatu alur cerita berdasarkan kenyataan yang ada. Film dokumenter dibuat menurut versi tertentu berdasarkan kenyataan yang ada dilapangan.

Berbagai macam teknik bisa digunakan untuk menyampaikan informasi dan meyakinkan penonton tentang saituasi serta kondisi yang terdapat dalam film tersebut. Dalam penyampaiannya si pembuat bisa berada di antara subyek serta obyek untuk memberikan beberapa versi atau interpretasi berbeda.

Dokumenter adalah salah satu jenis film yang dibuat melalui penggambaran suatu peristiwa apa adanya tanpa ada arahan dari si pembuat film. Arahan dalam hal ini maksudnya adalah membuat adegan berdasarkan perintah si pembuat film atau memberikan efek-efek khusus pada saat proses editing.

Fungsi dokumenter pada umumnya digunakan sebagai media penyampaian untuk mengungkap suatu fakta nyata, promosi, analisa, serta mengekspresikan sesuatu. Sedangkan motivasi si pembuat biasanya untuk tujuan pendidikan, informasi, promosi, bahkan hiburan.

Pembuat film dokumenter memiliki keinginan karya audio visualnya tersebut bisa ditonton oleh audiens umum maupun tertarget/khusus. Dokumenter akan dikatakan berhasil jika bisa membuat orang-orang yang telah menonton film tersebut timbul suatu keinginan, gagasan, ide-ide inovatif, ketidakberpihakan ketika terjadi sebuah peristiwa, melihat sisi lain dalam suatu kehidupan nyata, serta mendapatkan inspirasi untuk mempelajari sesuatu hingga membangkitkan rasa kemanusiaannya.

Film dokumenter bisa dibagi menjadi berbagai jenis genre aau kategori walau untuk mengklasifikasikannya tidak bisa secara gamblang dan jelas.

Dokumenter Paparan. Si pembuat akan menggunakan narasi dalam setiap visualisasinya untuk memberikan penjelasan serta tafsiran kepada penonton tentang kenyataan di dalam film itu.

Dokumenter Interaktif. Jenis ini orang yang terlibat dalam pembuatan dokumenter (kru) akan terlihat dalam visualisasinya untuk membuat pilihan bahan. Paling mudah gambarannya seperti acara talk show.

Dokumenter Observasi. Si pembuat menciptakan banyak hal dalam film dokumenternya dengan menampilkan peristiwa yang berlangsung secara alami di lapangan. Jka bingung ya lihat saja acara National Geoghrapic Wild pasti paham maksudnya.

Dokumenter Drama. Pembuat film akan berusaha menampilkan gambaran rekonstruksi suatu peristiwa dengan menggunakan pelaku asli atau pelaku pengganti (aktor/aktris)

Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton dikenal sebagai ilmuwan terkenal sepanjang sejarah yang memiliki kisah misterius dan tidak banyak orang yang mengetahuinya tentang apa yang dia perbuat hingga masa akhir hayat dengan meninggalkan segudang misteri. Mari kita kembali ke kehidupan masa lalu Newton ketika masih muda.

Pada tahun 1661 ketika Isaac Newton berumur 18 tahun dia tercatat sebagai salah satu siswa di universitas Cambridge. Tahun 1664 ketika mengikuti mata kuliah matematika yang diajarkan oleh Isaac Barrow terlihat Newton memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai penelitian ilmiah secara mandiri dan orisinil. Read the rest of this entry »

Michel de Nostradame

Michel de Nostradame

Konon berbagai kejadian jaman sekarang telah diramalkan sekitar lebih dari 400 tahun lalu oleh Michel Nostradamus, seorang ahli astronomi Perancis pada sekitar abad ke-16. Waktu itu dia telah menulis ribuan ramalan dan yang terkenal hingga sekarang adalah kumpulan ramalan yang dibuat dalam satu buku berjudul Les Prophéties.

Beberapa ahli sejarah mengatakan dalam buku yang dicetak tahun 1555 terdapat 942 ramalan aneh yang banyak dihubung-hubungkan orang-orang dengan berbagai kejadian tentang masa depan. Napoleon, Hitler, perang dunia I-II, serta kejadian lain “dipaksakan” telah diramalkan sebelumnya oleh Nostradamus.

Lebih dari 4 abad orang-orang mempercayai Nostradamus telah meramalkan berbagai peristiwa dunia seperti peperangan abad ke-20 hingga kejadian pembunuhan presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan yang paling bombastis adalah kiamat besar.

Para ahli tetap meyakini banyak ramalan Nostradamus sulit dipahami sama seperti kisah hidupnya yang tergolong rumit. Mereka berusaha mengungkap fakta-fakta ramalan untuk menguak rahasia dari setiap ramalan Nostradamus. Read the rest of this entry »

Jessica O. Matthews with the Soccket Inovation

Ada banyak hal yang diciptakan untuk memperoleh energi laternatif di kehidupan modern sekarang ini. Salah satunya adalah inovasi yang dilakukan oleh Jessica O. Matthews, seorang perempuan yang tinggal di kota Poughkeepsie, New York, Amerika Serikat yaitu dengan membuat bola penghasil listrik berdasarkan ide untuk memberi solusi bagi negara-negara dunia ke-3 terhadap kebutuhan listrik.

SOCCKET, nama yang dipilih untuk bola pembangkit listrik tenaga kinetik ini telah menarik perhatian banyak orang termasuk orang nomor satu Amerika Serikat, Barrack Obama. Bola yang tidak perlu di pompa tersebut bisa digunakan untuk penerangan, isi ulang telpon genggam, dan fungsi-fungsi lain hanya dengan mencolokkan konektor khusus di bagian tersembunyi dari bola itu.

Soccket Invention

“Bola Listrik” prinsipnya termasuk sederhana namun inovatif. Bermain bola dalam waktu beberapa jam akan menghasilkan energi kinetik yang keluaran listriknya disimpan pada sebuah baterai isi ulang berbahan lithium. Kisaran waktu penggunaan jika bola itu dimainkan selama 1 jam maka bisa menghidupkan lampu LED selama lebih kurang 3 jam.

Alat ciptaan Jessica tersebut memiliki makna lebih karena ditengah keterbatasan sumber daya listrik di banyak negara berkembang SOCCKET menjadi inovasi cerdas untuk solusi pembangkit listrik sederhana sekaligus permainan yang menyenangkan terutama bagi anak-anak.

Jessica berharap kedepan bisa menjual bola dengan harga $99 perbuah dan distribusinya dilakukan oleh lembaga non pemerintah. SOCCKET bisa dipergunakan perangkat elektronik praktis maupun alat pengajaran ilmiah.

Trik Remote Indihome Sekaligus Remote TV

Semenjak berlangganan Indihome selama beberapa minggu ini “hobi” bawa 3 remote, TV, Indihome, dan receiver parabola. Lah kok masih pake parabola? Ya kadang untuk beberapa siaran masih lebih komplit parabola walaupun Free To Air bahkan nongol channel berbayar yang bisa ditonton gratis.

Nah kembali ke masalah remote, jika setiap kali harus nenteng-nenteng banyak remote sepertinya kok ribet ya. Untuk menghindari diperbudak oleh remote pada tulisan kali ini saya akan kasih trik agar remote Indihome bisa berfungsi sebagai remote TV.

Dalam tahapan untuk membuat remote Indihome bisa berfungsi juga sebagai remote TV simulasinya akan saya perlihatkan dengan menggunakan remote TV LCD Sharp Aquos, perhatikan baik-baik langkah-langkahnya biar berhasil.

Trik Remote Indihome Sekaligus Remote TV

1. Posisi kedua remote arahkan saling berhadapan untuk proses sinkronisasi.
2. Tekan dan tahan tombol SET pada remote Indihome hingga berubah nyala lampunya dari merah ke hijau setelah itu lepaskan.
3. Tekan tombol POWER remote TV hingga nyala lampu pada remote Indihome berubah menjadi merah. Setelah itu tekan tombol POWER remote Indihome hingga kembali nyala hijau.
4. Tekan tombol INPUT remote TV hingga nyala lampu pada remote Idihome berubah menjadi merah. Setelah itu tekan tombol TV/AV remote Indihome hingga berubah menjadi nyala hijau.
5. Tekan tombol VOL + pada remote TV hingga nyala lampu remote Indihome menjadi merah. Setelah itu tekan tombol VOL + remote Indihome hingga nyala lampu berubah hijau.
6. Tekan tombol VOL – remote TV hingga nyala lampu pada remote Indihome menjadi merah. Setelah itu tekn tombol VOL – remote Indihome hingga berubah menjadi hijau.

Jka langkah penyesuaian remote diatas dijalankan dengan benar maka lakukan uji coba pada TV maka seharusnya bisa berfungsi layaknya ketika menggunakan remote TV aslinya. Selamat mencoba yak…

Solusi Joomla Error Ketika Upgrade Versi TerbaruUpdate CMS Joomla kadang-kadang tidak mulus seperti seharusnya, salah satunya adalah ketika akan upgrade versi melalui konsol administrator atau admin panel dialihkan ke halaman baru dengan pesan Cannot open file for writing log.

Anda tidak perlu pusing, cemas, jantung berdebar-debar, bahkan mau bunuh diri ketika menghadapi situasi seperti diatas. Hal itu bisa terjadi ketika migrasi beda hosting hingga perubahan struktur hosting. Untuk memastikannya hanya perlu membuat file ekstensi php di root folder hosting dengan nama apapun.

Untuk membuat file .php secara mudah bisa dilakukan melalui cPanel dengan memanfaatkan fitur New File yang ada di pojok kiri atas atau bisa juga menggunakan norepad yang nantinya ekstensi .txt diganti menjadi .php serta mengunggah (upload) menggunakan ftp manager semacam filezilla atau sejenisnya.

Isi file tersebut dengan kode dibawah ini:

<?php
$path = getcwd();
echo “Your Absoluthe Path is: “;
echo $path;
?>

Hal paling mudah adalah dengan cara copy paste kode tersebut daripada harus repot ngetik. Setelah Anda simpan dengan memberikan nama sembarang seperti tes.php silakan eksekusi dengan mengetikkan alamat http://www.namadomainanda.com/tes.php dan lihat path-nya. Setelah itu buka configuration.php serta lihat apakah path public $log_path dan public $tmp_path tertera sama seperti yang ada waktu membuka http://www.namadomainanda.com/tes.php.

Solusi Joomla Error Ketika Upgrade Versi Terbaru

Ketika ada perbedaan atau salah path silakan edit untuk menyesuaikannya. Setelah semuanya benar silakan tes dengan mengulangi upgrade versi Joomla Anda. Satu hal penting setelah semuanya berjalan normal dan proses update bisa berjalan hingga selesai, hapus file tes.php yang tadi dibuat.

Cara diatas sudah saya praktekan pada dua website yang berbasis Joomla yang berada di satu hosting yang gemar ngoprek hostingnya itu. Hasilnya…versi Joomla bisa terupgrade dengan sukses tanpa kendala yang bikin pusing.

Peta Mudik 2015

Lebaran tidak lepas dari tradisi mudik bagi para perantau untuk pulang ke kampung halaman bersilahturahmi dengan keluarga, saudara, dan teman. Mudik pada masa sekarang ini tidak lepas dari alat transportasi sebagai sarana utama yang digunakan untuk perjalanan antar kota, antar provinsi bahkan hingga lintas pulau.

Anda tentu sudah memahami dan mengetahui banyak tips mengenai keselamatan serta kenyamanan selama mudik lebaran. Kali ini saya akan menambahkan beberapa hal yang tentunya sangat berguna pada saat melakukan perjalanan jauh.

Navigator
Ketika melakukan perjalanan jauh dengan waktu tempuh yang lama, Anda harus memiliki supir cadangan serta navigator yang juga berfungsi sebagai mata kedua pengemudi. Navigator duduk didepan sebelah pengemudi dan harus selalu waspada melihat segala hal dan selalu memberikan informasi serta mengingatkan pengemudi agar tetap terjaga dan nyaman selama mengemudikan kendaraan.

Handphone
Telfon genggam merupakan alat komunikasi umum saat ini dan tentunya sangat berguna dimanapun berada. Khusus untuk mudik lebaran nanti Anda harus memperhatikan dan menjaga gadget yang dimiliki tersebut tetap dalam kondisi baik. Isilah saldo pulsa minimum 50.000 rupiah untuk setiap kartu ketika akan melakukan perjalanan jauh. Pada daerah-daerah tertentu Anda tidak bisa secara mudah bisa mengisi ulang pulsa padahal untuk keadaan apapun handphone tersebut harus bisa menjadi alat komunikasi vital.

Aki Mobil
Sering pemudik yang menggunakan kendaraan sendiri terutama roda empat mengabaikan hal satu ini. Periksa kondisinya hingga kalau perlu ganti dengan yang baru agar sistem kelistrikan kendaraan anda tidak mengalami gangguan selama perjalanan mudik nanti.

Senter
Penerangan genggam ini sangat membantu Anda selama dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. Gunakan senter dengan baterai isi ulang yang sekarang ini banyak beredar di pasaran. Perlu di ingat bahwa baterai senter adalah barang vital, maka gunakan yang asli atau/dan bawa baterai cadangan secukupnya.

Logistik Makanan dan Minuman
Selama perjalanan tidak semua daerah yang dilewati bisa dengan mudah menemukan mini market bahkan sampai warung kecil sekalipun. Oleh karena itu, bawalah perbekalan makanan ringan dan air minum mineral kemasan agar Anda beserta penumpang lainnya tidak kebingungan saat membutuhkannya.

Aplikasi Mudik Real Time
Tahun ini Kepolisian Republik Indonesia memberikan kemudahan akses informasi lalu lintas secara real-time (langsung) dari CCTV yang tersebar di banyak titik jalur mudik Jawa, Bali, dan Kalimantan (wilayah lain akan ditambahkan seiring update data dari pihak Polri). Aplikasi iBolZ NTMC TV ini bisa diunduh melalui gadget Android di Google Play Store. Aplikasi ini sangat berguna bagi para pemudik untuk mengetahui situasi jalur yang akan dilewatinya hingga pilihan jalur alternatif.

Peta Mudik
Perjalanan akan semakin mudah, nyaman, dan cepat ketika pengemudi memahami daerah-daerah yang akan dilintasi. Selain itu informasi mengenai jalur-jalur alternatif guna menghindari kemacetan sangat diperlukan. Silakan anda unduh/download peta mudik digital dalam format JPEG untuk pulau Sumatera, Jawa, dan Bali di bawah ini.

Peta Mudik Lebaran 2015 | Sumatera | Jawa – Bali

Jadwal puasa untuk tahun 2015 kali ini diambil dari sumber resmi Sistem Informasi Hisab Rukyat Kementerian Agama Republik Indonesia. Silakan unduh secara lengkap berdasarkan kota-kota besar di seluruh Indonesia dalam format PDF dengan cara klik kanan mouse dan pilih Save Link As.

Sumatera

Banda Aceh | Medan | Padang | Jambi | Palembang | Bengkulu | Lampung | Pangkal Pinang | Belitung | Pekanbaru | Dumai | Batam | Tanjungpinang

JAWA

Serang | Tangerang | Jakarta | Bandung | Bekasi | Bogor | Cirebon | Depok | Sukabumi | Tasikmalaya | Semarang | Magelang | Salatiga | Solo | Temanggung | Kudus | Tegal | Yogyakarta | Surabaya | Kediri | Malang | Madiun | Blitar | Mojokerto | Tulungagung

BALI – NUSA TENGGARA

Denpasar | Kupang | Mataram

KALIMANTAN

Pontianak | Singkawang | Ketapang | Palangkaraya | Banjarmasin | Balikpapan | Bontang | Samarinda | Tarakan | Malinau | Nunukan

SULAWESI

Manado | Palu | Makassar | Mamuju | Gorontalo | Kendari | Pare-Pare | Palopo

MALUKU

Ambon | Tual

PAPUA

Jayapura | Manokwari | Sorong

Anak Kucing Persia

Kejadian tidak menggembirakan terjadi pada kucing saya sekitar kurang dari jam 06.00 pagi tadi. Memang bukan kucing lokal karena jenisnya persia medium nose dan termasuk warga baru dirumah untuk menmani 2 kucing lokal saya yang beberapa waktu lalu pernah di pasang fotonya dengan pose molor yang naeh2.

Seperti biasa kucing kecil baru suka tidur di bawah meja komputer yang ada keset dari bahan wol tebal. Tiba-tiba saat dia terbangun tau2 sempoyongan jatuh dan sulit berdiri. Saya pikir dia kehilangan keseimbangan gara2 (mungkin) bangunnya dalam kondisi kaget (sepertinya begitu).

Beberapa menit akhirnya kakinya sulit menipang tubuhnya dan terbaring walaupun kucing itu berusaha keras berdiri dan ingin jalan. Biasanya pagi jam segitu pasti mau pup dan pipis. Dalam kondisi yang tak terduga itu saya hanya inisiatif memberikan sedikit minyak telon dan meminumkan satu tetep propolis herbal, karena sempat terlintas dalam pikiran ini virus distemper/panleu.
Read the rest of this entry »