Misteri Dunia Air Bawah Tanah di Meksiko

Posted: June 10, 2007 in Misteri

Semenanjung Yucatan di utara Meksiko bagaikan sebuah teras batu kapur yang rata dan rendah, ia terbentuk saat pergantian jaman baru, tepatnya pada 2 juta tahun silam dari dasar laut dangkal yang naik. Lubang batuan adalah ciri khas topografi batu kapur yang umum ditemui di semenajung Yucatan. Di barat laut semenanjung tersebut, arkeolog sudah menemukan gugusaan lubang-lubang batuan ini sejak dulu.

Gugusan lubang tersebut diduga kuat diakibatkan oleh ledakan besar. Kurang lebih pada 65 juta tahun silam, sebuah batu meteor dengan ukuran sebesar sebuah kota menabrak bumi sehingga membentuk sebuah kubang raksasa dengan diameter mencapai 200 km. Abu yang ditimbulkan akibat tabrakan ini menyelimuti segenap angkasa, sehingga mengubah cuaca, bahkan mengakibatkan banyak makhluk hidup di bumi mati dalam skala besar, termasuk dinosaurus.

Kolam Kristal
Di tengah hutan yang lebat di semenajung Yucatan, Meksiko, di luar dugaan tersebar ribuan “kolam kristal” yang misterius. Menurut laporan Reuters, para ilmuwan asal AS telah menemukan “kolam kristal” tersebut belum lama ini, yang sekaligus membuka cadar sesungguhnya dunia air bawah tanah. Hutan yang lebat ini menyembunyikan banyak “kolam kristal” tersebut, dimana ke dalaman salah satu “kolam kristal” itu dapat mencapai 160 meter lebih dalamnya.

Ribuan “kolam kristal” bawah tanah tersebut telah membentuk sebuah dunia air bawah tanah yang misterius. bangsa Maya kuno pernah menganggap, bahwa di sana merupakan pintu masuk menuju ke alam bawah tanah. Masyarakat setempat pun terus melegendakan, bahwa di dunia air bawah tanah yang misterius itu, terdapat setumpukan tulang belulang, dan emas yang membentuk seperti gunung.

Peneliti asal AS dan penjelajah melakukan penyelidikan terhadap sejumlah lubang sambil membawa tabung oksigen, lampu kedap air dan peralatan bawah air lainnya. Dari penyelidikan itu diketahui bahwa sesungguhnya “kolam kristal” ini adalah lubang batuan yang terbentuk dari gamping (batu kapur) yang terkikis air hujan permanen. Dan oleh karena air hujan disaring batu kapur sejenis bunga karang, maka air kelihatan sangat jernih dan bening, dan tampak seperti terbuat dari kristal.

Para penyelam petualang merasa seolah-olah melayang di angkasa ketika berenang di dalam air bawah tanah tersebut. Kolam-kolam kristal ini yang dangkal ada yang kedalamannya mencapai 1 meter lebih, sedangkan yang dalam tidak berdasar. Mereka pernah menyelami sebuah lubang bawah tanah, hingga di kedalaman 160 meter anehnya tetap saja tidak bisa sampai ke dasar.
Wajar saja kalau bangsa Maya pernah menjadikan kolam-kolam kristal tersebut sebagai kolam yang suci, dan mereka pernah memasukkan barang-barang perhiasan ke dalamnya untuk sembahyang leluhur. Dalam kehidupan sehari-hari bangsa Maya kuno, kubang-kubang ini menduduki status yang penting. Kubang tersebut juga menyediakan sumber air yang cukup bagi bangsa Maya, selain itu juga menyediakan tempat pemandian bagi mereka. Hingga sekarang, di sejumlah desa yang jauh terpencil di semenanjung Yucatan, orang-orang masih bergantung pada lubang bawah tanah seperti ini dalam kehidupannya.

Dalam keyakinan spiritual bangsa Maya, kubang-kubang ini juga merupakan tempat tinggal Dewa Hujan, sama seperti Istana Naga dalam legenda Tiongkok. Bangsa Maya mengandalkan mereka guna bersujud untuk memohon hujan. Bangsa Maya beranggapan, bahwa hujan di langit adalah hasil kunjungan Dewa Hujan, hanya dengan mempersembahkan “hadiah”, dewa hujan baru bisa hadir. Mereka memasukkan barang perhiasan ke dalam lubang, bahkan akan memilih gadis cantik dan diterjunkan ke dalam air, dengan maksud menyenangkan Dewa Hujan.

Spesies Baru
Selain kemisteriusan dunia air bawah tanah, di kawasan tersebut juga ditemukan lebih dari 40 species makhluk hidup baru berupa udang-udangan dan ikan. Di bawah lingkungan yang sulit, species tersebut bisa bertahan hidup. Makhluk air ini hidup dengan mengandalkan makanan dan oksigen yang terbatas di dalam air. Ini adalah penemuan pertamakali yang pernah diraih para ilmuwan Biologi. Ahli Biologi laut dari Universitas Texas yakni Tom Iriver menuturkan, “Disini sepenuhnya merupakan sebuah dunia yang unik. Hal-hal yang kami temukan disana, termasuk beberapa bentuk hayati di sana belum pernah ditemukan di tempat lain.”

Iriver mengatakan yang paling menggembirakan adalah telah menyaksikan beberapa bentuk makhluk hidup dan spons yang hidup di perbatasan air laut dan air tawar, besar kemungkinan mereka memiliki nilai pengobatan yang terpendam, dapat mengobati sejumlah besar penyakit fatal termasuk kanker. Namun, penelitian ini masih terlalu dini, kami masih perlu melakukan sejumlah besar eksprimen ilmiah.
Bahkan para ilmuwan juga menemukan sejumlah besar kerangka binatang prasejarah dan benda budaya kuno di kubang tersebut, termasuk tulang belulang kelinci dan bahkan tulang belulang mamut atau gajah purba yang hidup pada zaman glacial. Seorang penjelajah bawah air menuturkan, “Saat Anda keluar dari air, dan memberitahu kepada orang-orang bahwa di bawah sana ada gajah besar, maka dipastikan Anda akan dianggap gila, tapi faktanya memang demikian.”

Karena perkembangan penduduk dan eksploitasi pariwisata, sehingga susunan ekosistem “kolam kristal” tengah mengalami kerusakan. Selama 30 tahun di masa lalu, daerah yang pernah di huni bangsa Maya ini, jumlah penduduknya membengkak hingga 10 kali lipat lebih, mencapai 1 juta jiwa, ditambah lagi penduduk asal AS, Eropa dan sejumlah besar wisatawan dari daerah lain di dunia. Akibatnya dunia bawah air ini mendapat ancaman serius.

Para ahli lingkungan memperingatkan, bahwa usaha pariwisata setempat yang berkembang pesat dan sejumlah besar sampah yang diciptakan usaha pelayanan sudah mulai menimbulkan polusi terhadap lingkungan lubang batuan.

Kini pencemaran yang dihasilkan orang-orang setempat semuanya di buang ke dalam bawah tanah, sistem sungai di lubang dengan kedalaman 1 meter di semenanjung Yucatan telah mengalami pencemaran sampah sebanyak 250 ton setiap harinya. Setiap hari ratusan wisatawan menyusup ke lubang-lubang yang dibuka tersebut, dan dengan semena-mena merusak susunan ekosistem di dalamnya. “Kami sekarang membutuhkan sebuah rancangan yang matang dan cermat, yang dapat mengembangkan ekonomi setempat sekaligus melindungi dunia bawah air yang tak ternilai itu, jelas Mahert.

Ritual Bangsa Maya Kuno
Bangsa Maya kuno sepenuhnya yakin bahwa persembahan darah merupakan hal yang mutlak bagi eksistensi manusia dan dewa. Persembahan darah dapat memberikan kekuatan dan kekuasaan yang suci bagi manusia. Dengan sebilah pisau osidian, Raja menoreh organ reproduksinya sendiri, agar darah mengalir ke atas sehelai kertas dalam mangkok. Istri raja juga turut serta dalam upacara ini, mereka akan menggunakan seutas tali berduri yang kemudian ditusukkan ke lidah sendiri. Kertas yang dinodai darah akan dibakar, mereka percaya asap yang terbakar akan berhubungan langsung dengan alam dewata.

Sembahyang kepada dewa atau leluhur dengan menggunakan manusia hidup kadang juga terjadi dalam upacara keagamaan mereka. Biasanya orang yang dipilih sebagai persembahan kurban adalah nara pidana, budak, anak yatim atau anak haram. Sedangkan sembahyang dengan menggunakan hewan ternak lebih umum dibanding orang hidup, kalkun, anjing, tupai dan kadal dan hewan lainnya dianggap sebagai persembahan kurban yang paling pas terhadap segala dewa bangsa Maya.

Persembahan kurban manusia hidup dilakukan dibawah bantuan 4 orang tua yang disebut “Chac” (Konon katanya, upacara ini dilakukan demi untuk menyatakan penghormatan terhadap dewa hujan Chac bangsa Maya kuno). Ke-4 orang ini masing-masing menekan lengan dan kaki yang dipersembahkan sebagai kurban, sedang orang yang bernama “nacom” menoreh dada “persembahan kurban”. Selain itu, masih ada satu orang lagi yang turut serta dalam upacara yaitu juru tenung syaman (semacam agama primitif), konon katanya, dia menerima informasi saat dalam kondisi tertidur, makna yang terkandung dari ramalan yang didengarnya itu akan dijelaskan oleh beberapa tetua setempat.

Bangsa Maya meyakini, bahwa setelah manusia meninggal dunia, mereka akan masuk ke dunia bawah tanah melalui sebuah lubang, dan setelah raja meninggal akan masuk ke bawah tanah melalui orbit yang berhubungan dengan peredaran matahari; namun, karena mereka memiliki kekuatan supernormal, mereka akan hidup kembali di negeri langit dan menjadi dewa. Bangsa Maya sangat takut dengan kematian yang disebabkan oleh bencana alam, sebab setelah meninggal seperti tidak bisa masuk “surga” dengan sendirinya.

Comments
  1. TheGoeh says:

    keren man, so terus up date ya kita2 seneng baca yg kayak gini

    thanks

  2. MORAL says:

    MASS… APA GA ADA PICTURENYA… ??????

  3. randy says:

    bo’ong nih.. paling cuma urban legend aja kaaan??

    hehhehe tae kucing, tae palat..

    tae disarung celana yg paling banyak

  4. cecepswp says:

    Untuk pict-nya sebenernya ada, tapi saya kurang yakin apakah itu dari sumber seperti yang diceritakan, makanya ngga’ saya pasang🙂

  5. Wuih…aneh bin aja’ib:-)

  6. Beler says:

    Masa iya da kolam kristal,trus dibawahnya ada banyak emas.wuihh!!
    kalo gw tinggal disana,uda gw colongin tuh…wKWKWKWKWKWKwk
    ^~_~^

  7. cecepswp says:

    Mumpung harga emas lagi tinggi😀

  8. Boy says:

    Ini yg aq cari pengtahuan tentang lubang besar di meksiko, sdah lama aq cari. Cuman sayng photnya ga ad jd krang lengkp, thx buat yg susah2 cari berita ini and menulisny di sini.

    Tp ad sayangnya jg yang ksh comment di sini ad org2 kampuny yg bikin comment seenaknya.

  9. cecepswp says:

    Terimakasih atas kunjungannya, memang banyak yang menanyakan tentang poto tersebut. Ada beberapa situs pribadi maupun komunitas yang memasang gambar yang berkaitan dengan misteri kolam kristal yang berada di Meksiko, tapi rata-rata hampir sama kelihatan kurang meyakinkan. Makanya sampai sekarang saya masih mencari gambar yang akurat, sayangnya…belum ketemu

  10. dodi says:

    klo bo’ong jangn sampai segetonya kale,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!

  11. Dava says:

    wuiiihh

    mantap tuh mas……

    ad kok potony search d google aj tp mang kurang meyakinkan

    ^^

  12. cecepswp says:

    Andai ada orang Meksiko yang bersedia ngirim poto itu pasti aku terima dengan senang hati deh hehehehehe….

  13. dacx says:

    so cool pls more mystery

  14. yudya says:

    jnijbnkmujhn

  15. ashwin1903 says:

    bro dapet sumbernye dari mane? kasih tau dong

  16. roghuzshy says:

    wah… artikelnya lengkap juga ya mas..

    mas mau soal ujian gak??
    kalau mau.. nih ada..

    http://roghuzshy.wordpress.com

  17. cecepswp says:

    Masih blom lengkap koq, kan blom ada gambar ilustrasinya😀

  18. iTemBoys says:

    wah manTap

  19. Jhosua says:

    Asyiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkk ……………………..
    tambah lage dunk ………………..

  20. Tiff says:

    percaya gak yaa????
    hmhh…dunia kita ajaib bgd ya…apalagi yah yang kita belum tau ???

  21. henk-sabee says:

    sorry mas, kalau masalah lobang batu kapur tu sama dengan goa (lobang bawah tanah) yang banyak bertebaran di area gunung-gunung kapur atau kawasan karst.. nah di indonesia sendiri ada banyak kawasan karst yang tersebar.seperti di gombong jawa tengah, maros, papua dan pantai selatan Aceh..proses pelarutan batu kapur tersebut yang kemudian membeku membentuk stalaktit,stalakmit,sodastrw,elektit, dan sebagainya yang di bentuk oleh aliran air di bawah tanah itu sendiri,kemudian di sebut sebagai ornamen goa. ornamen inilah yang menyerupai kristal-kristal berkilauan menyerupai kristal yang indah.. makanya di sebut sebagai istana bawah tanah.. n untuk ngepastikannya silakan masuk aja ke goa-goa di negeri ini, sedikit banyaknya sudah memberikan gambaran akan lobang di mexico

  22. cecepswp says:

    @henk-sabee
    Menarik sekali informasinya, makanya sampai sekarang saya masih berburu gambar/video tentang fenomena “kolam kristal” di Meksiko itu.
    Jika memang sama seperti tempat-tempat yang anda ceritakan itu berarti itu merupakan fenomena alam yang wajar🙂

    Sekali lagi terimakasih atas tambahan informasinya…

  23. chynoe says:

    bagus euy……..
    bangsa maya memang memiliki sejuta misteri, tapi misteri ilahi lebih hebat dari bangsa bangsa manapun di dunia…..

  24. ariyou.denal says:

    KAloW bO;onG pikIr” Dlu….!!!!!!!
    aSAl maEn TEmPOL Aja.

  25. anti-penyokong khinzir(bareq obama) says:

    thats good,dude…very nice…

  26. Emboh says:

    Penulisnya patut di hargai,
    entah bener apa tdk tulisannya, apapun sumbernya, Nerjemahin, Copy Paste, ataupun yang lain,
    setidaknya udah nambah pengetahuan,
    jadi please Keep Open Mind,

    Setidaknya, mari kita selalu menghargai orang lain, dari pada hanya mencela ataupun mencari kesalahan.

  27. ahmad maulana says:

    pastinya disana itu banyak mengandung misteri yamg tak dapat diungkapkan dengan kata – kata…..

    but is good…
    i wi’ll never forget it…

  28. herlands says:

    misteri tetaplah misteri, biar bagaimanapun usaha kita untuk mengungkapnya ke permukaan kita tidak akan bisa tahu kebenaran tentang semuanya yang telah terjadi. ada saatnya lebih baik kita tidak tahu karena sesungguhnya kenyataan itu kejam dan tragis. dan manusia tetaplah manusia ia tidak akan bisa menjadi Tuhan ataupun Iblis sekalipun karena sesungguhnya manusia hanyalah seorang makhluk yang mendambakan keingintahuan yang besar dan tinggin.

    • cecepswp says:

      Jika keingintahuan itu tidak ada sejak dahulu maka yang terjadi adalah sampai sekarang akan tetap menulis dengan cara memahat di atas lempengan batu😀

  29. david says:

    weeeeeeeeeee….. kalau dunia di atas awan ada ngak ya,enak kali ya seperti filmnya dora emon

  30. kikuk says:

    emang brapa harga 1 bong kahan kristalny

    Gundam kereNN kalau pke kristal .jd tmbh kuat hehe ku hancurkan amerika pke gundam

  31. Baroleh says:

    Sekedar berbagi,saya juga punya artikel tentang penggenapan akhir zaman dari umat kristiani, lengkap dengan gambar juga sumbernya..
    Hehehe..
    Semua bentuk kunjungan saya sambut dengan pintu terbuka..

  32. Baroleh says:

    Saya kasih almat blog saya deh..soalx wak2 isi form website,gak muncul tuh..
    Please visit=http://benaya-baroleh.blogspot.com

  33. dede says:

    Yang kaya gitu gw sih percaya aja karena banyak candi jg ditemuinnya dibawah tanah.boleh tuh artikel2 yg aneh lainnya

  34. nurdin says:

    [29.40] Maka masing-masing Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yg Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yg ditimpa suara keras yg mengguntur, dan di antara mereka ada yg Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yg Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tdk hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yg menganiaya diri mereka sendiri.

  35. Ade saputra says:

    Bgs bgt artikelny boz,msh da ga misteri2 læny,ksh tau dunk.bg orng2 yg mencela,dah bisa apa lo,pke nyela2 tlsn orng.

    • cecepswp says:

      Kalau soal misteri masih ada banyak, tapi rata-rata sudah ada yang posting di beberapa blog lainnya. Jadi sekarang masih memilah mana yang akan diposting. Sebenarnya saya tertarik untuk mengungkap misteri-misteri di Indonesia, tapi karena minimnya data dan informasi serta kebanyakan mengarah ke soal klenik tanpa ada yang mengarah ke soal misteri sains ya akhirnya sementara ini di-pending dulu hehehe…
      Lagipula untuk artikel yg diatas masih harus cari gambar/video untuk pembuktian ada/tidaknya kolam kristal itu. O iya…artikel diatas bukan murni tulisan saya, itu hasil dari mengumpulkan tulisan-tulisan dalam bentuk teks sebelum saya bikin blog ini. Sayangnya sumber asli tidak saya simpan dalam teks dokumen…

  36. Mkch boz infox_Gw senang bca yg ky 9ini_

  37. pakunoda says:

    Salute..!! buat kang cecev, Dunia penuh misteri, karena dunia sendiri adalah misteri, pengetahuan manusia belum sampai untuk mengungkap semua hal hal yg telah tuhan ciptakan.. karena keterbatasan pengetahuan.
    dan membaca adalah sebagian alat untuk mengetahui, dan keterbukaan akan mengungkap benar atau tidaknya sesuatu hal yg kita baca. maju terus kang cecev.

    • cecepswp says:

      Terimakasih atas kunjungannya, walau blog saya ini jarang update terbaru yang berhubungan dengan misteri dunia😀
      Sebenarnya saya lebih tertarik dengan misteri di Indonesia, tapi sayang sumber-sumber mengenai hal itu minim sekali.

  38. thet’s good blog,,,be better

  39. nukay81 says:

    kang cecep…!!! tuker link yuk : )

  40. susilo says:

    banyak sekali blog2 kayak gini,isinya sama aja,sbg penikmat misteri,agak bosan jg liat blog sana sini bacaanya itu lg itu lg

    • Cecep SWP says:

      Ya begitulah konsekuensinya, banyak artikel yang tidak bisa berdiri sendiri alias kloningannya banyak hehehe. Saya sendiri ingin mengupas misteri-misteri dalam negeri, tapi sayangnya dari data yang ada sedikit sekali msiteri ilmiahnya, yang paling banyak misteri klenik dari suatu obyeknya itu sendiri (misalnya candi)

  41. susilo says:

    mas, cb cariin tentang penemuan candi di kompleks uny,pasti blm ada,itu berita baru lo..

  42. Inna says:

    Wah…benar-benar pengetahuan yg menarik, menurut saya ini antara Ilmu Geologi dan Mitosnya jadi pengetahuan yg komplit, cuma kurang ditambahin gambar biar lebih HUMan INTerest…,terus menulis artikel yg uniQ-uniQ ya….

    • Cecep SWP says:

      Nah itu dia masalah foto yang sebenarnya sampai sekarang belum dapat, banyak foto2 yang berhubungan dengan kolam kristal di Meksiko tapi meragukan keasliannya (antara foto beneran dan foto ilustrasi)

  43. adjuz says:

    oi,,oi,,,oi,,,oi nie die yg gw cari dari dulu sesuatu yg menggambarkan keajaiban NYA moga” smua tahu bhwa DIA bnr” da

  44. Bushet says:

    maaf nih..ikut posting..semuanya tuh mungkin.sesuatu yang misteripun bila ditelusuri dengan seksama, kita bisa tahu sebab akibatnya.tentunya dengan source yang jelas dan dapat dipercaya.saya sebagai nelayanpun takut akan laut.tidak hanya mistis, tapi di laut juga banyak misteri-misteri yang mungkin bagi orang awam bilang mistis ato cuman urban legend aja.tapi memang nyata adanya.bagi masnya,coba angkat misteri-misteri di laut tentunya di wilayah kita.terima kasih.

    • Cecep SWP says:

      Terimakasih atas saran anda, memang sudah lama saya ingin mengangkat misteri-misteri di wilayah Indonesia, tapi sisi misterinya kebanyakan berdasarkan mitos atau cerita dari mulut ke mulut. Itupun sepertinya sudah banyak yang menulis/mengupas di beberapa blog maupun forum.
      Terakhir ini saya mendapatkan informasi kalau candi Borobudur terdapat sebuah candi lagi dibawahnya dan hanya orang-orang yang mempunyai kemampuan “khusus” bisa melihat atau mengetahuinya dikarenakan diselimuti suatu tabir pengaman. Saya masih mencari data-data tersebut baik dari sisi ilmiah maupun non ilmiah.

  45. ahmad fajar says:

    bagus … i like that…tambah lg dong yg ba

  46. cha:) says:

    wuihhh…keren,,keren:)
    bwat tmbah pengetahuan nih…
    emng Tuhan i2 luar biasa yah>>>
    ..kang ce2p smangat atuh,,biar bnyak yg nyela hhehehe:)
    cba cri tau ttg segitiga bermuda,,gw msih pnasaran ama tuh segitiga:)

    • Cecep SWP says:

      Artikel/tulisan mengenai misteri segitiga bermuda sebenarnya sudah banyak sekali, saya malah tertarik untuk mengangkat misteri-misteri yang ada di Indonesia. Tapi data-datanya masih belum lengkap dan berimbang, terlebih soal misteri tentang keberadaan candi dibawah candi Borobudur dan “katanya” disitu juga ada portal menuju ke dimensi lain.

  47. rika dwiswara says:

    bukannya videonya ada diyoutube ya?? pas liat si ada penyelam yang lagi berenang dikolam dalam laut. ini tentang yang itu bukan ya?? di al-quran juga ada.🙂 soal air tawar dan air asin yang mengalir berdampingan.

  48. rohan says:

    thanks infonya. aku suka bget baca yg bginian. bkin tmbah wawasan n penasaran akan misterinya. keep update ya mas info n misteri yg lainnya. biar mas bayak pahalanya hehehe. oh iya bisa gak cari info ttg kerajaan sriwijaya di sumsel. itukan smpe skrg masih rancu soal letaknya. tpi dah byak ditemukan bukti2nya. misteri bget kan. kerajaan tertua diindonesia katanya. aku tunggu info2 yg lain yah. salam.

    • Cecep SWP says:

      Tentang itu pernah saya tanyakan juga pada teman saya yang kebetulan sering observasi dan riset untuk bikin profil situs budaya di beberapa daerah, katanya masih berupa “puzzle”. Jadi harus sabar hehehehe….

  49. adi says:

    coba da gambary?psti lbh bagus…

  50. seephilyzer says:

    mana gambarnya???

  51. Abu bakar says:

    Oh itu dikampung ku banyak,?

  52. FETY says:

    kereeeeeeeeeeeeeeeen,aku jd brharap ada di dalem lubang itu

  53. IRNA says:

    mana gambarnya nih?

  54. […] Posts Tips Mengatasi Generic Host For Win32 Error (svchost.exe)Misteri Dunia Air Bawah Tanah di Meksiko Buku Gratis Mengenai Misteri Planet Nibiru atau Planet MerahPenanggalan dan Angka Astronomi Bangsa […]

  55. kalu ada pic nya pasti bagus deh gan di upload dong

  56. elvapurwanti says:

    mannnnttttaaapppp

  57. romi says:

    ah… teori…!!! alias dongeng sebelum tidur..!!

  58. morhange says:

    serem juga ya…tapi, teori ini ditulis berdasarkan fakta atau tidak?

  59. bagus artikelnya gan..

  60. asep saipul bahri says:

    ok mas aq suka nanti klu ada yg baru kasih tau aq

  61. andrisbdkbhs07 says:

    indonesia mh emg kbnyakn klenik,jdi g mju2 laaaiiii…oya rquest donk bang,about death beam nya tesla n cra rangkainya yg sdrhna.biar indonesia bsa mndiri&ditakuti kyk armada angktn sukarno dlu…kereeen

  62. rajutanmu says:

    artikel bagus tapi kok gak ada gambar ya

  63. yusufamat says:

    klu mas nya ketemu bagi dua dog! jangan pelit ya!

  64. tian guang zhou says:

    tema nya bagus,,namun akan lebih menakjub kan lagi jika di serta kan juga foto-foto hasil penelitian nya,,,agar lebih akurat antara berita dan fakta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s