Penemuan Geofisik Terbaru Membalikan Konsep Tentang Sejarah Bumi

Posted: June 10, 2007 in Misteri

Planet kita diperkirakan mulai terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu. Sejak itu penampilan aslinya hampir tidak pernah berubah. bumi ini cocok untuk menciptakan dan mengembangbiakkan bentuk kehidupan sejak pertama kali terbentuk. Tim peneliti barat menolak teori tentang bumi seluruhnya diselubungi samudera sebelum spesies laut pertama menginjak daratan.

Penemuan logam langka bumi bernama hafnium bercampur dengan kristal zirconium di Jack Hills, pegunungan di Australia Barat, merupakan indikasinya. Bebatuan di pegunungan itu dianggap paling tua di dunia (diperkirakan berumur 4,4 miliar tahun). Peneliti menggunakan analisa radiosotope untuk melihat apakah lapisan kontinental bumi sudah terbentuk pada 4,4 – 4,5 miliar tahun lalu. Lapisan kontinental berbeda dengan samudra menurut struktur dan ketebalannya. Dulu diperkirakan lapisan kontinental perlahan meleleh ke lapisan samudra.

“Sepertinya bumi terbentuk dalam sekejab mata,” kata salah satu peneliti, Dr. Steven Moses dari Universitas Colorado. “Jika teori ini terbukti benar, semua konsep hari ini tentang terbentuknya bumi harus diperbaharui. Mungkin para peneliti harus belajar dari peradaban Atlantis dan nenek moyang lainnya yang mana ceritanya dianggap sebagai fiksi belaka sebelumnya. Diperkirakan bahwa bentuk kehidupan protein muncul di bumi beberapa miliar tahun yang lalu, kemungkinan peradaban itu tidak kelihatan idealis,” kata peneliti.

Sebuah tim peneliti dipimpin oleh Dr. Moses melangsungkan sebuah penelitian mengenai terbentuknya air. Penelitian itu menunjukkan bahwa air muncul di permukaan bumi sekitar 4,3 miliar tahun yang lalu. Penemuan ini bertentangan dengan teori sebelumnya yang mengatakan bahwa air terkondensasi dari atmosfir 3,8 miliar tahun yang lalu. Menurut para peneliti, penemuan ini menunjukkan bahwa lapisan bumi, samudra, dan atmosfir muncul sejak dari permulaan, planet bumi cocok untuk kehidupan di masa prasejarah itu.

“Puluhan ragam teori tentang asal mula bumi bermunculan dalam sejarah ilmu pengetahuan yang panjang,” kata Valery Rudukov, senior peneliti dari Institute of Physic of Earth dibawah Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Teori Buffon dulu cukup popular pada awal abad yang lalu. Menurut teorinya, matahari dulu adalah bongkahan putih-panas ketika bertabrakan dengan komet. Tabrakan ini menghasilkan bongkahan besar panas matahari sehingga menjadi hancur dan berpencaran menjadi beberapa bagian.

Bagian-bagian ini kemudian membentuk planet-planet yang mengelilingi matahari dikarenakan daya sentrifugal dan sentripetal. Menurut teori Buffon, planet-planet mungkin bagian dari benda perbintangan yang bercahaya karena itu mungkin dari mulanya sudah bisa mengeluarkan cahaya. Penurunan temperatur secara perlahan mengakibatkan pembentukan dan evolusi kehidupan. Tetapi, teori yang sama mengatakan bahwa temperatur akan terus menurun. Semua kehidupan organisme yang terbentuk akan semakin berkurang dan musnah pada akhirnya karena proses pendinginan,” kata Dr. Rudakov.

Banyak peneliti menentang teori Buffon. Peneliti yang lainnya mempunyai ide yang berbeda mengenai asal mula kehidupan. Teori perpindahan benua dan beberapa yang lainnya dulu dianggap yang paling benar di jamannya. Tapi tidak satu teori pun dapat menjelaskan bagaimana sesuatu dapat terbentuk miliaran tahun yang lalu. Hipotesa yang berani dari para peneliti Eropa mungkin akan memberikan secercah cahaya mengenai banyak hal.

(Sumber:The Epoch Times)

Comments
  1. kimi says:

    informasi yang diberikan kurang memuaskan karena tidak ditegaskan siapa yang menemukan zircon. Banyak web lain yang saya kunjungi untuk mencari tahu siapa penemunya tetapi tak ada satupun yang memuatnya.

  2. reza says:

    kalo pengen tau kebenaran sejarah bumi..
    baca aj di alquran,,
    smua udah lengkap dan jelas,,,,

    • Ari Hariyandi says:

      ya benar, dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa bumi di ciptakan dalam waktu 6 hari….

      • wiwi says:

        aku rasa kita harus jeli search siapa penemunya. kalau di al-qur’an sy blm prnh baca sejarahnya bumi. kalau sejarah islam saya baca islam muncul di jazirah Arab abad-7 Masehi.

  3. Myrazano says:

    Semoga semakin lama Allah semakin memperlihatkan kekuasaan-Nya dan keluasan ilmunya kepada kita semua. amin

  4. Agus Qadry says:

    Memang benar,ilmu apapun sdh ada tersirat dan tersurat dlm Al-qur’an,bahkan apa yg akan terjadi di masa2 depan,serta perkataan Alloh sendiri yg menantang kepada org2 kafir utk menandingi kehebatan,kebenaran,kemurnian Al-Qur’an,( dan jaminan bahwa tak satupun makhluk dapat menandingi Al-Qur’an)tp manusia hny di beri tahu sedikit saja,sayang org2 Islamnya sndr msh pd tenggelam rebutan duniawi,ga mau jd pakar / ahli / penemu, dlm menguak kekuasaan Alloh,malah org2 non muslim yg gencar mjdi penemu,ingat kalo org2 islam sendiri tdk mau memperkenalkan kehebatan Islam itu sendiri kpd golongan laen serta tidak mau bangkit utk menjadi yg terdepan,maka Alloh sendiri yg akan memusnahkan kita dan di ganti dg umat yg laen…..

  5. Fahmi says:

    Bahwa penciptaan langit dan bumi terjadi dalam waktu 7 hari menurut perhitungan alquran..

  6. remon says:

    teori mengenai bumi sangat menarik buat saya.
    jadi teori d atas cukup menarik.
    semoga bisa di temukan teori-teori yang baru lagi.
    reza kamu harus membedakan mana yang ilma atau bukan.

  7. cendy 'syg vall' says:

    pnjelasannya bgust kok.

  8. R says:

    Memang benar ALLOH mnciptakn bumi dan smwny ada d ALquran..

  9. COEY says:

    Apapun penemuan dan teori para ilmuan harus kita hargai, toh smuanya adalah kekuasaan TUHAN.

  10. kurniadi says:

    6 Hari dalam Al Quran bukan berarti hari di bumi, bisa jadi hari itu periode, periode nya bintang, periode nya galaxy.
    Teori tata surya sampai sekarang balum ada yang akurat.
    1. Hipotesis Nebula, mempunyai kelemahan nebula yang berbentuk unsur ringan gas tidak mungkin membentuk unsur berat seperti yang terdapat di bumi
    2. Hipotesis Planetisimal & Hipotesis Pasang Surut Bintang
    Kalau ada bintang yang mendekat kenapa cuma sekali saja itu bintang mendekat, pasti nya dia berevolusi, dan akan mendekat lagi di masa mendatang.
    3. Hipotesis Kondensasi, sama seperi nebula, unsur gas tidak mungkin menjadi unsur berat seperti logam tanpa proses fusi.
    4. Hipotesis Bintang Kembar, hampir mungkin terjadi salah satu bintang meledak, dan sisa sisa bintang tersebut menjadi planet bintang kedua, cuma sisa inti bintang ini kemana ? pasti ada dan menjadi bintang kerdil putih, bintang netron atau black hole.

    Teori ke empat ini seperti nya mendekati akurat, karena unsur logam besi yang menjadi inti bumi adalah berasal dari proses fusi pada bintang besar, bintang sebesar matahari saja belum mampu memproduksi proses besi dari proses fusi.

    Kurniadi

  11. penangkal petir says:

    teori yg anec???

  12. indra says:

    semua teori asal memiliki dasar ilmu pengetahuan bisa dibenarkan……
    karena Allah telah menegaskan agar manusia menggunakan akal pikiran untuk mengungkap tabir alam semesta,,,,
    so….teori apapun silahkan aja…kebenaran hakiki hanaya milik Allah,SWT…
    peace and love KK2…

  13. Maya says:

    Takkan ada yan9 bisa menandin9i ilmu Allah.

  14. segala yang ada dalam semesta dalah milik Allah swa.Manusia sebagai makhluk ciptaanNya yang tertinggi ber-kewajibkan untuk mengelola,dan melestarikannya

  15. asokaisron says:

    ada yang tau gx… .knapa waktu terjadi big bang,,material yang terlempar bisa jadi tersusun sempurna,dan teratur.. .padahal seharusnya,,yang namanya ledakan itu,,materi yang terlemparka akan menjadi berserakan dan saling bertabrakan satu sama lain,,,.. .tapi,,knapa hasilnya (seperti tata surya kita,,) menjadi teratur dan bahkan antar planet tidak pernah saling bertabrakan??? (Allahu alam).. .ada yang tau gx??..tlong pnjelasan yang ilmiah dan masuk akal yaaa …aQ tunggu jawaban dari sobt” yng ngaku pandai.. .

  16. keke says:

    wah untung ditemukan bumi kalau nggak bagai mana manusia hidup

  17. keke says:

    bagai mana ya bumi tercipta
    mengapa bumi ada gvitasi nya

  18. john send says:

    Saya setuju dgn pendapat pr ahli…bumi dn kehidupan trbentuk scara evolusi…jaman dl ngk mengenal tuhan jamn skrg aja br tau adnya tuhan..tnp otak manusia ngk bakaln mengenal tuhan…jd tuhan adlh imajinasi otak…apakh anda bnr2 tau siapa pembuat alqur,an dn drmana sumbernya bs tau tntg bumi…krna rosul itu pnasehatnya org yahudi dia bnyk blajar ttg ilmu alam..kitab itu jgn buat pdoman sejarah dong….bs aja dibolak balik sejarh lu mlh bngung..intinya kt ttp hrs mncri trs tntg kebenarn jgn asal pcy

  19. Luthfi VengeanceSevenfoldisme a7x says:

    asslamu’alaikum wr. wb.
    klo pndpat saya , smwa pNdpat tntAng iLmuwan”, kta jgn p’cya dhlu krna kta sbgai unat islam hanya bsa p’cya dg Al-Qur’an (sbg pdoman hDup) , cz d dlam al qur’an d jLskn bhwa bum! di cptkan mLalui 6 msa ,

    dah itu cOmen” dr sya , ada krg n slah dlm kta” , mhon maaf se besar” nya ,

    Wassalamu’alaikum wr wb,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s