Rahasia Kebudayaan Bangsa Maya

Posted: June 10, 2007 in Misteri

 

Rahasia Kebudayaan Bangsa Maya Banyak orang pernah mendengar legenda budaya bangsa Maya. Selama ini, kesan sebagian besar orang terhadap bangsa Maya tidak terlepas dari suasana hutan belantara di benua Amerika. Menyinggung tentang bangsa Maya, yang terlintas dalam benak sejumlah orang adalah sekelompok orang Indian yang sekujur tubuhnya mengenakan pakaian bulu warna cemerlang, berputar mengelilingi lingkaran di bawah sinar rembulan melaksanakan upacara misterius, di tengah-tengah berdiri dukun sakti yang berilmu tinggi.

Memang benar, bangsa Maya tinggal di Amerika Tengah yang sekarang ini, bekas peninggalan sejarah yang misterius berada di dalam hutan belantara yang terpencil dan sepi, sekalipun begitu, ada beberapa orang yang mengetahui, bahwa bangsa Maya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan bangsa Tiongkok dan Mongol di belahan bumi lain yang jauh. Peninggalan batu raksasa dan karya seni bangsa Maya yang mahatinggi, jauh melebihi kehebatan teknologi masa kini. Marilah kita lepaskan prasangka dan persepsi yang telah telanjur tertanam, menyelami kembali bekas kehidupan dan tempat tinggal bangsa Maya, melihat-lihat bagaimana dan apakah sebenarnya bangsa dan kebudayaan Maya.

Proses Penemuan
Bangsa Spanyol masuk ke Amerika Selatan pada abad ke-16, dengan status agresor mereka menjajah daratan yang asli ini. Penduduk Amerika Tengah dan Selatan ketika itu hidup sebagai petani yang primitif, mereka sama sekali tidak berdaya menghadapi kapal dan meriam kuat bangsa Spanyol. Dan dengan cepat, bangsa Spanyol menyebarkan agama mereka ke tempat tersebut, dua orang misionaris yang melihat kepercayaan takhayul dan ilmu sihir penduduk setempat, segera membakar tempat tersebut, mengakibatkan buku kuno yang disembunyikan semuanya terbakar musnah.

Tidak disangka bahwa buku-buku tersebut adalah buku kuno yang mencatat pusaka pengetahuan peninggalan kebudayaan bangsa Maya yang telah lama menghilang, di dalamnya tercatat secara terperinci tingkat ilmu pengetahuan dan budaya mereka yang mahatinggi pada masa itu. Mungkin demikianlah takdirnya, kini para ilmuwan yang menyelidiki kebudayaan Maya hanya bisa menggambarkan kehebatan budaya Maya saat itu secara tambal sulam berdasarkan potongan naskah yang berhasil dikumpulkan.

Bebatuan Raksasa di Hutan
Piramida bangsa Maya dapat dikatakan merupakan bangunan piramida kedua yang terkenal setelah piramida di Mesir. Kedua jenis bangunan piramida ini terlihat tidak begitu sama, warna piramida Mesir adalah kuning keemasan, sebuah piramida bersudut empat yang berbentuk kerucut, agak terkikis setelah berabad-abad tertiup angin dan diterpa hujan. Piramida Maya lebih rendah sedikit, disusun dari bebatuan raksasa yang berwarna abu-abu dan putih, tidak semuanya berbentuk kerucut, di puncaknya ada sebuah balairung untuk memuja dewa. Di sekeliling piramida Maya masing-masing memiliki 4 tangga, setiap tangga memiliki 91 undakan, secara total 4 buah tangga ditambah satu undakan bagian paling atas adalah berjumlah 365 undakan (91 x 4 + 1 = 365), tepat merupakan jumlah hari dalam satu tahun.

Bangsa Maya sangat memperhatikan ilmu perbintangan, baik di dalam maupun di luar bangunan semuanya adalah angka yang berhubungan dengan hukum peredaran benda langit. Selain jumlah undakan tangga, pada 4 bagian piramida masing-masing terdapat 52 buah relief 4 sudut, menandakan satu abad bangsa Maya adalah 52 tahun.

Observatorium astronomi bangsa Maya juga memiliki bentuk bangunan yang sangat spesifik. Dilihat dari sudut pandang masa kini, secara fungsional maupun bentuk luar observatorium bangsa Maya sangat mirip dengan observatorium masa kini, sebagai contoh misalnya menara pengamat observatorium Kainuoka, di atas teras yang indah dan sangat besar pada menara tersebut, terdapat undakan kecil bertingkat-tingkat yang menuju ke teras. Ada beberapa kemiripan dengan observatorium sekarang, juga merupakan sebuah bangunan tingkat rendah yang berbentuk tabung bundar, pada bagian atas terdapat sebuah kubah yang berbentuk setengah bola, kubah ini dalam rancangan observatorium sekarang adalah tempat untuk menjulurkan teropong astronomi. Empat buah pintu di lantai yang rendah tepat mengarah pada 4 posisi. Jendela di tempat itu membentuk 6 jalur hubungan dengan serambi muka, paling sedikit tiga di antaranya berhubungan dengan astronomi. Salah satunya berhubungan dengan musim semi (musim gugur), sedangkan dua lainnya berhubungan dengan aktivitas bulan.

Menara pengamat observatorium Kainuoka ini adalah peninggalan terbesar dalam sejarah, peninggalan sejarah yang lain juga memiliki bangunan yang serupa. Semuanya dalam posisi yang saling merapat dengan matahari dan bulan. Belakangan ini arkeolog beranggapan bahwa astronom bangsa Maya pada zaman purbakala telah membangun jaringan pengamat astronomi pada setiap wilayahnya.

Dinilai pada masa kini, bangunan tersebut cukup menakjubkan. Piramida Maya misalnya, bagaimanakah caranya memotong bebatuan berukuran sangat besar, diangkut ke tempat yang jauh dalam hutan belantara, bebatuan yang beratnya puluhan ton, ditumpuk hingga mencapai tinggi 70 meter, jika tidak ditunjang dengan alat angkut dan peralatan yang memadai, adalah sangat sulit untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan suku bangsa yang hidup dalam hutan belantara, mengapa harus mengerahkan upaya dan tenaga sedemikian besar, membangun sebuah jaringan pengamat observatorium? Ditilik dari sejarah, teleskop baru ditemukan pada abad ke-16 oleh Galileo, setelah itu barulah muncul observatorium ukuran besar, dan konsep jaringan pengamat observatorium baru muncul pada zaman modern. Kala itu konsep yang demikian dapatlah dikatakan sangat maju dan canggih.

Hilang Secara Misterius
Lembaran budaya cemerlang yang ditulis bangsa Maya untuk sejarah manusia, telah kita ketahui tingkat keanggunannya. Arkeolog menganggap, kebudayaan bangsa Maya semestinya secara perlahan-lahan terbentuk sejak tahun 2000 SM hingga masa tahun 250 M, setelah tahun 250 M hingga masa tahun 900 M, budaya tersebut memasuki masa keemasan, dan pada abad ke-7 dan 8, memasuki masa yang sangat makmur dan sejahtera.

Tulisan paling dini bangsa Maya muncul menjelang dan sekitar Masehi, namun batu prasasti pertama yang tergali memperlihatkan catatan yang menulis tahun 292 M. Sejak itu, tulisan bangsa Maya hanya tersebar pada areal terbatas. Dan pada tarikh Masehi setelah pertengahan abad ke-5, tulisan bangsa Maya baru secara menyeluruh tersebar ke semua kawasan Maya. Misalnya batu prasasti terakhir diselesaikan pada 869 M, dan batu prasasti terakhir di seluruh kawasan Maya diselesaikan pada 909 M.

Menurut data penelitian: “Suatu hari di tahun 909 M, tanpa sebab yang jelas, 80% bangsa kuno Maya tiba-tiba saja menghilang, tidak hanya meninggalkan kuil yang belum selesai dibangun, bahkan sejumlah besar balairung dewa dan bangunan model raksasa semuanya ditinggalkan begitu saja, terbenam dalam reruntuhan tembok yang roboh. Semua pusat pemujaan juga terhenti aktivitasnya. Kemudian, sejak hari itu, kebijaksanaan leluhur lenyap dengan sangat cepat, dan bangsa Maya yang tertinggal pun mulai berubah menjadi buta pengetahuan dan merosot moralnya.”
Dari bukti penelitian ilmuwan ini, kita dapat memberikan penjelasan yang rasional: Setelah mengalami perkembangan budaya yang tinggi, dikarenakan perkembangan budaya materi, kehidupan bangsa Maya kuno lambat laun merosot, menuju kemerosotan moral masyarakat. Lalu sebagian yang masih disebut kebijaksanaan leluhur itu, pada kenyataannya adalah sekelompok orang yang telah jatuh merosot moralnya, mereka mendorong perkembangan hal yang tidak baik, membuat segenap masyarakat bangsa Maya kuno mengarah menuju kepunahan!

Meskipun terdapat sejumlah dokumen yang tersisa, namun sangat sulit bagi kita untuk memastikan peristiwa mengerikan apa yang sebenarnya terjadi pada tahun 909 M itu, berbagai macam versi hipotesa tentang kepunahan bangsa Maya, misalnya banjir, gempa bumi, angin topan, bencana maupun pendapat lainnya tentang wabah, keracunan massal, penyakit menular, bahkan dikatakan populasi yang membengkak, pembakaran hutan secara berulang kali untuk bercocok tanam yang mengakibatkan tanah gersang, ataupun bencana ekonomi, bahkan dikatakan invasi musuh, perang antarkota, pemberontakan kaum petani maupun masalah sosial seperti bunuh diri massal, dan pendapat lain yang tak terhitung jumlahnya. Apa pun penyebabnya sama sekali tidaklah penting, intinya adalah sejarah sekali lagi telah mempertahankan orang yang baik dan sederhana, sedangkan sebutan “buta pengetahuan dan merosot moralnya” yang digunakan untuk melukiskan keturunan bangsa Maya, hanyalah kaidah yang dilihat oleh mata manusia masa kini,
sangat lugu dan baik seperti tidak berpengetahuan, tidak tahu mengejar keuntungan mendatangkan keputusasaan. Pertanyaannya adalah mengapa sejarah manusia lagi-lagi mencatat lenyapnya umat manusia yang disebut sebagai “kebijaksanaan leluhur”?

(Sumber : Buku “Himpunan Inspirasi Peradaban Prasejarah”)

Comments
  1. DARMOGANDUL says:

    BILA TERJADI BETUL PEMURNIAN BUMI DI 2012, WACH NGERI BANGET YA ….
    ISU INTERNASIONAL PEMANASAN GLOBAL, INDONESIAPUN SUDAH KENA DAMPAKNYA. JANGAN-JANGAN PETA INDONESIA BERUBAH ATAU MALAH HILANG !!!

  2. cecepswp says:

    Bisa saja kepulauan indonesia bergerak ke utara, nantinya menurut prediksi para ilmuwan peta dunia akan berubah…hehehehehehe

  3. andiiy says:

    ooo..so greeatt..amaziing..
    guwa saLLuud bangeed ma kebudaayaan bangsa mayaa..
    yang guwa bacaa..
    katanya tahun 2012 bumi akan mengalami pemurnian..
    paradaban sekarang akan hancur dan peradaban manusia baru akan muncul..

    guwaa penasaran bangeed ma maya n aTLanTis..
    sumpaaa..guwa pengeen bangged tuuh nemuiin tuh dua misteri bumi sampe sekarang…

  4. fakhrudin says:

    Makasih atas gambar2 yang menarik bagi saya….

  5. cecepswp says:

    Kalo udah ketemu kasih tau ya.. 🙂

  6. drSetyo says:

    keren…. pertama gw suka UFO kok merembet ke prasejarah…. top markotop artikelnya …

  7. cecepswp says:

    Thx atas kunjungannya🙂

  8. dahlia says:

    wah gua tadi liat situs jurnal astronomi, dalam situs itu bilang…bumi akan kedatangan meteor besar pada tahun 2014.
    Diperkirakan akan jatuh di samudra atlantis, dan terjadilah gelombang besar yang menelan sepertiga bumi.

    Gua tadinye gak percaya, tapi gue tanya oom gue yang di Astronomi ITB, katanya he-eh, kemungkiinan besar ada, karen a
    semua dah dihitung akurat pake komputer Cray 16.

    MudAH MUDAHAN ADA ufo YG MO NOLONG……

    dAHLIA

  9. Dahlia sayang,

    Emang yg elo baca itu bener. lihat di http://www.american_astro.org , semua ilmuwan lagi panik.

    Meteor itu besarnya 30 km2, akan menghantam bumi dengan kecepatan sekian juta km/detik. Nah elo bayangin….kalo nabrak pulau Jawa, ASEAN akan lenyap dari peta dunia.

    Semua mengharep kalo masuk wilayah Tata Surya, akan kesedot oleh planet Yupiter, ato paling nggak kesedot masuk grafitasi matahari.

    Emang alien tu ada ?

    GM

  10. Gue puyeng tu baca sejarah Maya,
    padahal tahun segitu di Indonesia ada Sriewijaya di sekitar Palembang. Sebuah negara besar dan punya Universitas terkemuka di dunia. Ekspansinya sampai ke Nalanda, Madagaskar hingga tanjung Harapan.

    Tapi hanya kurun beberapa puluh tahun lenyap tanpa bekas, konon katanya dimusnahkan oleh serbuan mahluk UFO. Dalam prasasti dan caatan pedagang Cina, Sriwijaya itu negara raksasa. Tapi aneh bekasnya dikit banget….lenyap kayak kerajaan Padjadjaran.

    Abad ke 7 Masehi di bangun Candi Borobudur, oleh wangsa Syailendra. tapi dari keraton mana ? Keratonnya nggak ada bekasnya, candinya ada sampe sekarang. Teknologinya dah maju banget zaman itu, tapi sapa yang membawa teknologinya ? Konon katanya dibangun dan dirancang oleh mahluk UFO. Karena orang Jawaasli pada waktu itu, masih primitif.

    Ada yg bilang impor dari India, sama dengan piramid Maya, katanya impor dari Mesir purba…… ????

    Cyntia

  11. Rhesya says:

    Blog yang menarik, Salut buat penulisnya
    aku yang tadinya cuma iseng2 cari info tentang Roswell UFO incident by google.
    Jadi nyasar kesini karena tertarik dengan tulisan tentang Fortress..
    Ternyata beneran ada ya bangunan bumi yang kaya gitu? Bener2 keajaiban dunia.

    Bumi itu misterius, iya aku setuju, makanya selain fenomena UFO aku juga teramat sangat tertarik dengan tulisan yang berhubungan dengan fakta atau temuan baru tentang peradaban bangsa-bangsa jaman dulu, seperti bangsa maya, mesir kuno, atlantis, Ilmu atronomi dsb…dst…

    So, terus berbagi buat kita semua ya…

  12. cecepswp says:

    Thx…tapi ada catatannya..saya cuma merangkup dari banyak artikel. saking banyaknya ampe lupa source mana aja yg dijadikan acuan hehehehehe (keknya dari Red C webgaul kalo ngga’ salah)

  13. ERIZA SATIVA says:

    Eh tu bener g sich ?????? gw tkut neh !!!!!! Tp gw lbh prcya kekuasaan Tuhan.

  14. tata says:

    yach,….percaya g prcya seh!!! tinggal kita gman yg ngejalanin hidup. end jgn lupa berdoa terus aja lah!!!! jgan cma ngabisin yg ada di bumi tnpa mau ngerawat bumi……..

  15. cecepswp says:

    Yap..betul tidak salah😀

  16. hadika says:

    Sebagai manusia kita mengerti bahwa informasi adalah manifestasi transfer of knowledge, Segala macam ilmu pengetahuan ini eksis bila terus menerus disebarkan dari orang ke orang. Saya yakin anda mendapat artikel ini dari artikel-artikel lain baik majalah, buletin, blog dalam atau luar negeri, sebut saja van Doniken, …., penulis yang terkenal dengan kontroversi dunia misterinya, mereka diperhatikan karena mereka berbasis sains atau ilmuwan. Tetapi saya ragu apakah mereka mengikutsertakan kata2 seperti ‘mahatinggi’ yang tidak pantas anda angkut dalam blog ini, karena meskipun anda ingin mendapatkan kesan hiperbola, maka ia tidaklah cocok ditempatkan dalam artikel argumentatif berplot naratif dan berwatak persuasif seperti blog anda ini. Karena perkataan ‘mahatinggi’ bukanlah untuk suatu peradaban, tetapi untuk penguasa alam semesta. Mungkin umat manusia belum bisa menemukan peradaban lain yang lebih tinggi dari Maya, Atlantis atau Lemuria, di saat yang sama atau berbeda atau dari lapisan batuan yang lebih tua di bumi yang telah berusia jutaan tahun ini. Mendasarkan pada teori Nicolai Kardashev, seorang astrofisikawan Rusia, tentang tipe peradaban berdasarkan penggunaan energi, yaitu: Tipe 0, pada tingkat ini peradaban tersebut masih menggunakan bahan akar kimia.Tipe I, pada tingkat ini telah digunakan mesin jet fusi berbahan bakar hidrogen yang merupakan salah satu elemen utama bintang dan planet. Tipe II, peradaban tipe ini telah memanfaatkan teknologi anti materi dan robot teknologi nano Von Neumann dimana robot tersebut mampu mereplikasikan diri dan mampu menganalisa lingkungan di planet yang jauh dari jarak jauh. Tipe III, peradaban telah menggunakan propulsi energy Planck yang memanfaatkan ruang dan waktu. Sayangnya, peradaban kita saat ini masih berada dalam tipe 0. Peradaban manusia sekarang masih perlu membakar sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati ribuan tahun lampau. Jika ilmuwan bisa membuktikan kalau peradaban Maya bisa mencapai tipe II atau lebih barulah kita dapat menyimpulkan teknologi mereka telah ribuan tahun di atas manusia sekarang ini. Yang saya ketahui, kemampuan menonjol mereka dipunyai sebagian kelompok bangsa Maya, karena …. Suatu hari di tahun 909 M, tanpa sebab yang jelas, 80% bangsa kuno Maya tiba-tiba saja menghilang …. Kemudian, sejak hari itu, kebijaksanaan leluhur lenyap dengan sangat cepat, dan bangsa Maya yang tertinggal pun mulai berubah menjadi buta pengetahuan dan merosot moralnya …. maknanya bagi saya adalah sebagian bangsa Maya ada yang berteknologi tetapi ada juga yang tertinggal (tidak berteknologi) walaupun mereka memiliki pengetahuan, karena pengertian teknologi dan pengetahuan itu berbeda, oleh karenanya, setelah golongan yang berteknologi ini menghilang dengan melakukan migrasi atau terjadi pembunuhan massal terhadap mereka atau apapun itu, dan meninggalkan bangsa Maya yang tertinggal, sehingga menjadi sangat rapuh dan dengan mudah merosot moralnya . Seperti disadur dari tiga buku kuno tulisan tangan dari bangsa Maya yang tidak ikut terbakar; lembarannya dibuat dari kulit pohon dan dilipat-lipat seperti harmonica. Buku-buku itu disebut menurut nama tempat, di mana masing-masing disimpan : Dresdensis Codex (Codex = buku kuno dalam tulisan tangan ), Paris Codex dan Madrid Codex, yang juga dikenal sebagai TroCortesianus. Toh kita tidak bisa menyimpulkan apa yang terjadi pada golongan ini dan lainnya, karena buku-buku yang lain telah menjadi abu atau masih disimpan oleh kolektor ‘benda langka’ yang mungkin langka keberadaannya. Maka biarpun ia tetap misteri, sampai saat ini fakta yang saya dapat yaitu menonjolnya bangsa Maya adalah dalam segi astronomi, selain matematika yang telah mengenal angka nol, bilangan nisbi, sistem bilangan berbasis 20 (vigesima), atau arsitektur bangunannya, sedang dari segi sosial belum dapat diungkap hubungan mereka dengan bangsa lain di dunia, mungkin satu-satunya petunjuk adalah sistem ramalan bintang yang mirip dengan perhitungan Tiongkok ala Zhou Yi, sehingga bisa diduga ada hubungan antarkedua bangsa ini. Dari segi spiritual, mereka tidak lain adalah pemuja matahari dan bulan dan dewa-dewi. Bahkan ada kolam pengorbanan segala. Adalah fakta yang kontradiktif bila mereka telah menemukan sistem penanggalan yang berbasis galaksi dan alam semesta, sementara mereka masih menyembah matahari yang notabene adalah bagian sangat kecil dari jagad raya. Artinya mereka belum mengenal teorema ‘Causa Primum’ yang menjadi ciri majunya kemampuan spiritual manusia atau ada yang ‘salah’ dengan analisis ilmuwan mengenai bangunan yang mereka sebut ‘peninggalan bangsa Maya’ ini. Lalu dari segi pesawat alias alat untuk memudahkan kerja manusia, seperti kendaraan dan sebagainya belum bisa dibuktikan keunggulannya. Lalu apakah pengetahuan tentang bangsa Maya ini telah mencapai tingkat untuk dapat dipercaya? Sedangkan yang ada hanyalah kontradiksi dan informasi yang berasal dari sebagian lembaran ‘tambal sulam’. Kita tak dapat sepenuhnya percaya bila masih terdapat hal seperti ini, karena teori spekulatif juga dimiliki oleh para ilmuwan. Mereka seolah menjadi serba tahu dan memanfaatkan insting ingin tahu manusia terhadap misteri untuk memperkuat hipotesisnya. Mungkin kita harus ingat pepatah ini ‘Kebohongan apabila ia kuat, maka dengan mudah dapat menyingkirkan Kebenaran yang lemah’. Saya tidak menyatakan bahwa hipotesis mereka adalah kebohongan. Akan tetapi kita mesti berhati-hati untuk ‘mencernanya’. Lalu yang disebut peradaban itu tenggelam dalam kemerosotan moral setelah ‘kebijaksanaan leluhur lenyap’ adalah serupa seandainya kita menganalogikannya dengan kisah pengikut nabi Musa yang kembali menyembah berhala setelah baru beberapa hari ditinggalkan nabi Musa untuk ‘menjemput’ firman Allah. Atau bangsa Arab yang menjadikan Baitullah yang didirikan oleh nabi Ibrahim, menjadi tempat pembangunan dan penyembahan berhala, sepeninggal nabi Ibrahim. Atau pengikut nabi Isa yang terpecah-pecah keimanannya setelah nabi Isa diangkat oleh Allah. Atau pengikut nabi Muhammad yang menjadi penyulut peperangan dengan saudaranya sendiri demi kekayaan dan kekuasaan sepeninggal beliau SAW atau seperti Bangsa Tsamud, Kaum Sodom, Kaum negeri ‘Ad yang dimusnahkan Allah karena mengingkari nabinya . Lalu, bukankah ini kearifan yang sangat gamblang yang coba diperingatkan Al-Qur’an terhadap orang atau golongan2 yang mendustakan nabinya setelah kepergian beliau? Bukankah ini pertanda lain dari Allah yang memunculkan fenomena ini untuk menjadi bahan renungan bagi kita bahwa peristiwa ini sebenarnya masih terjadi pada kita, dan apabila kita biarkan kemerosotan moral ini merajalela maka siapkanlah diri untuk kehancuran peradaban manusia atau dalam istilah astronomi bangsa Maya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris disebut sebagai “Earth regeneration”

  17. cecepswp says:

    Mungkin ada yang terlewatkan, pada akhir artikel tersebut ada catatan bahwa tulisan di atas sumbernya dari Buku Himpunan Inspirasi Peradaban Prasejarah. Dengan kata lain saya tidak mengganti, mengurangi, maupun menambah kata-kata dalam artikel tersebut termasuk kata “mahatinggi”, yang ditambahkan hanya gambar-gambar saja sebagai ilustrasi.

    Bagaimanapun juga saya berterimakasih atas masukan anda yang berhubungan dengan tulisan mengenai bangsa maya, sebab itu bisa menjadikan informasi tambahan bagi saya dan pembaca lainnya. Tapi yang jelas kebudayaan bangsa maya itu sendiri masih menjadi “puzzle” yang beberapa bagian masih belum ketemu dan menjadi suatu misteri sampai sekarang.

    NB:baru kali ini dapat komentar panjang banget😀

  18. divend says:

    jika bumi emang lagi mengalami pemurnian, trus apakah ada hubungannya ama kejadian-kejadian dimana banyak orang melihat ufo belakangan ini?? coz aq banyak baca artikel tentang ufo yang katanya ikut berperan serta dalam tehnologi-tehnologi bangsa dan suku kuno.

  19. cecepswp says:

    Kemungkinan itu juga bisa, soalnya cerita otentik tentang peradaban suku Maya sendiri masih “gelap”, hanya beberapa bagian kecil saja yang bisa diketahui

  20. Rangga says:

    UFO…..??????
    Ofu ga ada coy……itu cuma propaganda yahudi aja………

    sekarang gw tanya sodara sekarang umurnya berapa….??????
    kalo saya sekarang 32 tahun…..
    nah sejak kecil saya sudah tau tentang ufo…tapi pada tahun 80 an bentuk ufo nya kaya kaleng2 alias seperti bahan mobil kijang pick up yang petak itu….di berita TVRI saya melihat dulunya pokoknya kaya mesin perang jaman dulu deh…

    nah sekarang coba sodara liat bentuk ufonya juga berubah alias sekarang versi milenium..:)) serba mengkilap….pokok e keren dah sesuai jamannya..

    nah coba sodara analisa..!!! kalo tuh ufo emang keren alias emang maju …kenapa pada tahun 80 an bahan ufonya gak bergaya millenium kaya sekarang….??????

    kok ufonya sesuai zaman seh..bahan material penampakannya….????

    nah dari situ kita bisa mengerti bahwa ufo itu = PROPAGANDA (menjauhi islam dari agamanya) alias UFO itu BUATAN MANUSIA JUGA…!!!!!!!!!!!!

  21. cecepswp says:

    Perasaan postingan diatas ngga’ membahas soal UFO tuh😀

  22. Yacob says:

    Wah menarik banget nih artikel so pasti kalo sy percaya upo tu ada tp yg bikin blm tau krna sy prnh liat dngan mata kepala sendiri. Gini ya sy percaya kehidupan yg lampau akan terulang kembali ke jmn sekarang tp hanya energi dan sipat nya aja,kaya hari aja gitu pagi ketemu siang ketemu malem ketemu pagi lg,cuma suasana ya yg beda kaya yg kemaren sama aja ada mataharinya kl siang ada bulanya kalo malem,kang CECEP so pasti sy pengen lebih menjelajah sejarah tempoe doloe.tp ngomong2 TH 2012 bner ga ya ..?:'(

  23. Yacob says:

    Oh ya kang CecEp atau semua teman se komentar cariin tambahin lagi ke kenapa ya semua sejarah dalem negri or luar negri ilang gitu aja magsudnya orang2nya gitu ..menurut sy mukin karna banjir kali ya..krna kalo bencana gunung meledag pasti bangunan +orng2 pd mati.tp ko ini kebanyakan tinggal bangunanya doang ya.tolong dong kasih komentar lg yg lebih yahud gitu.salam semu tuk tmn2 se comentar.

  24. cecepswp says:

    Kalo menurut saya banyaknya bukti-bukti sejarah yang musnah atau hilang itu akibat pergantian kekuasaan pada waktu itu. Seperti suku aztec dan inca yang tidak banyak meninggalkan bukti sejarah karena banyak dimusnahkan oleh spanyol yang menginvasi mereka.

  25. ashwin1903 says:

    keren bro tu penjelasannye dapet dari mane kasih tau dong?

  26. cecepswp says:

    Dari hasil googling dan beberapa ebook

  27. mamaoren says:

    kita bedoa saja semoga semuanya akan baik baik saja

  28. uki says:

    Baru kali ini gw liat blog yg bisa bikin gw sampe gak tidur! Salut! Perbanyak informasi2 yg selama ini kurang mendapat perhatian.
    Terutama dalam hal2 yg “misterius”. Mungkin buat sebagian orang tulisan anda agak berlebihan atau apapun itu. Tapi menurut saya
    Paling tidak, anda telah melakukan sesuatu yg bertujuan positif, yaitu memberikan informasi (dgn lampiran data yg cukup akurat).
    Dibandingkan dgn mereka yg mengkeritik tp tidak berbuat apa2. So… Keep the good work!

  29. uki says:

    Salut buat tulisannya! Saya sampe gak tidur krn keasikan baca… Keep the good job!
    Gak usah dengerin kritik2 yg gak membangun… Atlease you did something, right?

  30. cecepswp says:

    Terimakasih atas kunjungannya di blog saya🙂
    Kritikan maupun komentar yang pro maupun kontra tentang posting diatas tetap saya terima dan pahami sebagai bentuk perbedaan yang menyenangkan.

    Yang lebih penting adalah menyerap ilmu pengetahuan dari suatu misteri yang belum terungkap untuk kebaikan di masa sekarang dan masa depan….

  31. Ilmu bangsa zaman dahulu ternyata tidak kalah dengan bangsa zaman sekarang. Buktinya bangsa Maya sudah mampu meramalkan kalender hingga 5000 tahun…..

    Btw, tulisannya menarik dan menambah wawasan…

  32. Bnjr Pethuk says:

    Trm ksh atas infonya.
    Oh ya mungkin bangsa maya ketika itu terbagi menjadi 2 golongan, golongan berpengetahuan dan golongan sedikit pengetahuan. Yg berpengetahuan mungkin telah berhasil menemukan mesin waktu dan menuju tanggal terakhir kalender mereka. Dan gol. Yg satu lagi tetap tinggal dan meneruskan keturunan. Dan juga mungkin yg dimaksud “End of times” adalah berhentinya mesin waktu mereka di hari itu(ini menurut gue)

    • cecepswp says:

      Menurut berbagai sumber yang tulisannya tidak saya sertakan pada artikel diatas, pada masa peradaban Maya tingginya ilmu pengetahuan yang mereka miliki pada waktu itu dikarenakan ada “campurtangan” peradaban dari luar bumi.

  33. awan says:

    … bumi sebenarnya punya kemampuan untuk mengobati dirinya sendiri. bencana alam dll itu kaya slh satu proses penyembuhan. mungkinkah kejadian pd bngsa maya itu juga ada hub. dengan hal ini…..

  34. arifwk says:

    Wah penasaran….. apa suku maya dah pada pindah ke galaxy lain ya?????

  35. Jerry says:

    wah wah salut sm si cecep, gw cuma mao koment gw mmg lg cari soal suku maya. sebenernya kondisi saat ini memang seperti “tanda2” akhir jaman gw sempat liat d youtube film the arrival atau film 2012. jadi sebenarnya semua itu adalah jejak jelas misteri dunia .Dinosaurus, atlantis, maya, inca, borobudur, ufo, piramid,dll yg pasti 900m atau sebelumnya selalu ada missing link.hari ini gempa jakarta 7.3 bayangin kalo semua hancur gedung rumah dll plus tsunami semua akan lgs STOP tuhan akan ambil semua nyawa kerabat saudara harga gedung rumah dan uang tiada arti mendadak tidak pandang agama, ras suku , bangsa kaya atau miskin semua org akan sama dan akan males bgt u hidup. sama sprt nubuat yesus dan muhamad yg akan ingatkan umat manusia sebelum kedatangannya jika moral manusia sudah akut karena kotor. coba di indonesia semua itu sdh ada selingkuh, perceraian, korupsi,perkosaan,pembunuhan,narkoba,aids,virus,neolib,neo kapitalis,pencekokan konsumtif, budaya teknologi negatif, hiburan hipnotis,pembunuhan hak2 manusia u hidup makanan airminum udara energi listrik transport segala d bandrol, kebencian, dan lain lain kemerosotan moral. so akhir dr semua ini adalah akan datang pemurnian sempurna. bnyk yg sdh tau keadaan skrg makin sulit bukan krn gw depresi tp kenyataan dan wahyu di alkitab sdh menuliskan itu semua. so kita harus siap Be Prepare If Now or 2morrow we all same for earth call for human kind. like Tsunami, earthquake, meteor,virus, war,vulcano,firestrom,flood,global warming, water shortage. itu tanda n nyata dalam 1992-2012 or 2014 gw terus terang merinding juga nulis ini entah mungkin bisa jadi tulisan ini akan hilang jika peradaban internet bubar karena dgn i.net indra manusia tabir misteri telah terbuka . ya satu hal ke arifan manusia untuk saling menghormati menghargai meski pura2 tdk apa2 dan tidak sombong akan ilmu / kekayaan be down to earth

    yah itu aja curhat gw yg pasti blog ini bagus buat kita seemua perlu di posting di facebook GBU all

  36. agil says:

    ya sangat menarik,mm…sebenranya bangsa maya sama benua talantis ada hubungannya gak sih?????

  37. Agus Gunawirawan says:

    Sy hrap ada arkeolog yg mampu menggali info n fakta yg sjelas-jlasnya tntang suku bangsa maya.
    Sy tunggu…

  38. l_ky says:

    ya ALLAH kapan penderitaan ini kan berakhir …………………. .

  39. anu says:

    k’napa haruz dimurnikan??
    berani kotor itu baik.
    yaop!!

  40. dafilalfadillah says:

    gw komentar nih,gw sih gak mau pusing…tuh bangsa maya mau ada kek mau hilang kek,,,asal jangan dompet gue aja yang hilang hihihihi
    mantap ,,,,artikelnya,juga komentar kereta apinya.

  41. alam kusuma says:

    kenapa harus di murnikan…??

  42. just_me says:

    weleh ni artikel dri pertama posting smpe hri ni br aj aq lhat kayak nya g ada tanda” untuk berakhir.
    skedar tmbahan mungkin rekan” sekalian bs membaca artikel yg berikut ini sebagai bahan pertimbangan :
    http://lombokmedianet.com/artikel/bangsa-maya-kuno/

  43. putri.r.y says:

    aq suka sama legenda bangsa maya kuno ini krn,kita jd bisa tau kehidupan zaman dulu.ini pikiran positif lho buat kita-kita yg masih remaja.

  44. agus says:

    semua tempat pasti punya nilai keunggulan sendiri (teknologi,astronomi,dll)entah dalam bidangnya sendiri.tetapi mungkin untuk pengumpulan suatu argumen atau buku sejarah yang sampe sekarang ada adalah al quran (mnurut keyakinan islam).dan mungkin juga masih ada kumpulan catatan sejarah selain al quran.tinggal kita punya jiwa besar ndak untuk memberikan kabar hari ini untuk 1000 tahun kedepan dan menggunakan apa?

  45. agus says:

    oya budaya jawa juga budaya yang kaya ilmu.sampai sekarang juga masih berkembang di jawa dan tak kalah dengan bangsa lain .kbtulan saya orang jawa yang berbasis teknologi jadi ketika ilmu jawa dijelaskan ternyata juga merupakan ilmu yang berkemampuan tinggi dalam segala ilmu karena dijawa ilmu kejawen adalah ilmu titen(ilmu cermat).coba anda semua menguak juga tentang ilmu jawa yang sekarang ini ada anda akan terkagum2.dan sunan kalijojopun mengajarkan alquran melalui budaya jawa juga dan sampe sekarang ilmu itu masih hebat dalam semua segi

  46. wah tuklisan yang menarik… thank atas infonya

  47. zainull says:

    wew bangsa maya emang susah tuk ngejelasin aku baru tau reuntuhannya aja !!! klo bisa kirim ke FB gua tuk beri wa informasi thx!!!

  48. atang says:

    Saya mengakui bahwa kebudayaan suku Maya memang sudah maju, tetapi semaju apapun kebudayaan tidak akan ada yang mampu meramalkan tentang adanya kiamat. Karena kiamat itu Rahasia Tuhan YME, bahkan manusia suci setingkat rosul pun tidak diberi tahu tentang datangnya kiamat

  49. ada yang tau sistem pemerintahan suku maya sama ilmu pengetahuan suku maya nggak?
    kunjungi juga tedypradnyana.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s