Ramalan oh ramalan…

Posted: July 1, 2007 in Serba serbi

Ramalan dalam kehidupan manusia dari jaman dulu hingga sekarang udah menjadi fenomena yang umum, lebih bisa dikatakan adalah sebuah kultur yang telah membudaya. Dari ramalan tentang nasib, jodoh, usaha atau peruntungan, sampai yang paling ekstrim adalah ramalan akhir jaman atau kiamat.

Beberapa tahun lalu saya pernah dikasih “sinyal” oleh teman saya bahwa tahun kemarin akan terjadi huru hara, bencana besar, gunung merapi yg menjadi pusatnya mitos mistik tanah jawa akan meletus hebat, dan masih banyak lagi. Memang beberapa kejadian yg disebutkan benar terjadi, tapi merapi meletus hebat nyatanya hanya “batuk-batuk” saja. Kemudian saya tanyakan lagi kepada temen saya dan dia berargumentasi bahwa itu adalah baru awal saja, nanti ada waktunya dia akan bener2 meletus dengan hebat. Kemudian saya berpikir, apakah ini adalah sebuah pengingkaran terhadap apa yang pernah dikatakan serta membuat suatu pembenaran baru setelah kejadiannya ngga’ seperti ramalan?

Saya sendiri punya pengartian tersendiri soal ramalan atau prediksi masa depan, mengacu pada kalimat bahwa padi semakin berisi maka dia akan semakin menunduk…orang yang benar2 diberi berkah dari Yang Di Atas serta tingkat spiritualnya tinggi ngga’ mungkin gembar gembor tentang rahasia masa depan.
Ramalan yang berhubungan dengan dunia sains berdasar analisa disertai dengan perhitungan yang masuk akal itu yang lebih saya sukai.
Selain itu seperti Jayabaya, Ronggowarsito, dan masih banyak lagi itu termasuk yang saya kagumi, tapi saya menempatkan itu dari sudut pandang sejarah.

Comments
  1. mmm…

    sori banget kalo aku skeptis… soale yang aku tahu, dan aku yakini…
    bahwa masa depan itu ghaib.. dan hanya Allah saja yang tahu…
    No one knows!!!
    (duh… agamis banget yak..?)

  2. cecepswp says:

    Makanya diriku ngga’ mudah percaya ramalan peramal modern yg bombastis😀

  3. kuning says:

    saya mau memberi masukan , saya dulu waktu masih punya anak satu hdup saya susah banget , mau makan saja saya sulit , tapi saya jalanin aja sambil berdoa . saya gak pernah mengeluh sedikitpun ,saya percaya suatu saat saya akan merasakan bagai mana orang yang mempunyai lebih ekonominya. walaupun saya susah tapi saya merasa bahagia dalam rumah tangga saya , suami sayang keluarga ,anak saya pintar walau pun tanpa harta saya bahagia
    Pada suatu saat saya pulang ke solo , di dalam kereta saya ketemu seseorang
    dan orang itu bilang , bu nanti kalua sudah umur 1/2 abat ibu akan makmur
    dan akan memiliki rumah , saya bilang terimakasih pak. Beberapa puluh tahun kemudian genap usiaku sekarang 41 th saya sudah punya rumah dan mobil berarti ramalan itu suka cocok juga

  4. cecepswp says:

    Mungkin anda bertemu orang yang bener-bener mempunyai “daya linuwih” sehingga bisa mengetahui kehidupan seseorang untuk waktu kedepan🙂

    Tapi sekarang ini banyak orang yang mengakui punya kekuatan supranutral yang sebenarnya adalah apa yang dimilikinya itu masih belum sempurna atau pas-pasan. Akhirnya ya dengan motif untuk mencari ketenaran dan uang mereka berbusa-busa meramalkan segala sesuatu yang akan terjadi dikemudian hari. Dan banyak terbukti ramalan-ramalan itu meleset, meskipun begitu mereka masih juga mengelak dengan berbagai alasan yang ngga’ tentu arahnya.

    Saya pikir sebagai orang timur kita terbiasa dengan hal yang dinamakan ramal meramal, tinggal kita memilih melihat ramalan itu sebagai pemacu semangat hidup agar nasib dikemudian hari bisa berubah atau malah membikin malas bekerja dan enggan melakukan sesuatu untuk kehidupannya sendiri dikarenakan hanya menunggu waktu yang telah diramalkan itu hehehehehe…

  5. Yacob says:

    Ikut nimbrung ah menurut sy melihat masa depan tuh bisa aja tap ga boleh dì percaya 100% krna semua manusia di bekali kemampuan meramal dr TUHAN tinggal manusianya mao dalemin pa gak.contoh bkn nya kita kalo pergi ke suatu tujuan pasti kt ngebayangin bagaimana ada apa gimana di sana trus kt siap dah situasinya di sana. bknya itu termasuk ramal jg kan.tetapi hanya kecil.aja menuru sy semua ramalan tu bener tp ga 100% bener ke aktratanya.gimana

Leave a Reply

