Bercinta dengan Pinguin

Posted: August 13, 2007 in LINUX, Serba serbi

Sebenarnya sih udah lama berteman dengan “Pinguin”, cuma saya merasa baru 2 bulan terakhir ini asik bercinta dengan dia😀
Diawali pas waktu pinjem cd untuk aplikasi video editing di sebuah rental mata saya melirik ada sebuah screenshot dari distro linux yang agak asing. Tertulis dengan font besar dan tebal di katalog cd “PCLinuxOS LiveCD”. Nah dari itu kemudian saya cari2 lagi yg berbau pinguin di tumpukan2 katalog, akhirnya setelah milih2 saya pinjem PCLinuxOS, Mandriva 2006, Xandros, dan Knoppix.

Setelah sampai “bunker” (dinamakan itu soalnya ruangan harus steril dari orang yg ngga’ berkepentingan keluar-masuk, sangat mengganggu konsentrasi kerja hehehehe…)
langsung nyobain PCLinuxOS-nya dulu yg notabene adalah livecd ngga’ usah pake nginstall2 segala. Hasilnya..wooww.., dekstop KDE-nya sangat seger dipandang mata, default wallpaper ijo2 banyak rumputnya😀 Tapi heran waktu liat perintah untuk install repository pake apt, kan perintah itu biasanya untuk keluarga Debian beserta turunannya? Katanya turunan mandriva? Tapi itu hanya sebuah pertanyaan sesaat aja, keasyikan ngutak atik sih..hehehehehe😀

Terus dan terus sampai akhirnya udah terinstall di harddisk dan mulai bertumpuk folder cache apt-nya gara-gara keseringan download aplikasi di repository (mayanlah bisa buat repository cd) Nah terakhir pas mo “nyedot” mysql ada kendala dalam proses instalasinya, koq dibilang error2 terus. Padahal udah komplit, ngga’ ada yg terlewatkan satupun. Lama ngubek-ngubek di internet untuk cari tau apakah ada yg bernasib sama dengan saya tetep aja ngga’ ada solusi.
Bersamaan waktunya dengan permasalahan kecil tapi mengganggu itu tadi pesanan Ubuntu Feisty Fawn datang dengan selamat nyampe dirumah. Akhirnya saya berpaling dulu untuk mencoba kehandalan versi terbarunya itu. Setelah terinstall dengan sukses di harddisk pertama yang didownload adalah KDE Desktop, soalnya kurang familiar dengan Gnome Desktop sih😀 Mayan juga…, akhirnya hobi download aplikasi kumat lagi, satu persatu disedot diinstall, dicoba, kadang ngerti kadang juga bingung pakenya😀
Abis itu dari Add/Remove Applications (Package Manager) saya mulai liat2 apa aja yg ada disitu, dasarnya suka game pertama dicari ya itu dulu. Apalagi untuk “Pinguin” blom banyak developer game yang bikin (maksudnya bikin yg free tapi bagus..hehehehe)
Eh ternyata ada juga 3D gamenya disono, ya seterusnya mulai download satu persatu game “Pinguin” seperti yang udah saya posting di blog sebelumnya.

Btw…yang terakhir sekarang ini sedang download PCLinuxOS 2007, masih separoh jalan😀
Kali-kali aja ada yang beda dibanding dengan versi sebelumnya…

Comments
  1. xstreams says:

    selamat ya..
    game pinguin memang menarik enjoy pokonya..
    aku juga suka…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s