Penemuan Mummi di Peru

Posted: September 22, 2007 in Misteri

Translate this post

Tim arkeologi Peru yang dipimpin oleh Alfredo Narvaez terakhir ini telah menemukan sekitar 40 mummi yang diperkirakan berusia 1200-1500 tahun. Mummi-mummi tersebut terkubur pada satu lokasi yang berdiameter 24 inchi didalam struktur El Tintero. El Tintero berisi enam bangunan yang melingkar, yang diduga menjadi rumah penduduk pada zaman itu. Mummi laki-laki dan perempuan dari segala umur itu berada ada di kedua sisi dalam dan luar bangunan. kemungkinanya karena tidak ada waktu untuk menguburkan mereka semua.
Dugaan lain mummi-mummi itu merupakan korban dari suatu wabah penyakit atau akibat dari serangan yang berakhir dengan pembantaian massal.

Selain mummi terdapat pula benda-benda lainnya pada lokasi tersebut. Diantaranya kalung panjang disekitar leher, benang emas, alat tenun, dan peralatan pembuat perhiasan dari logam. Selain itu juga ditemukan dua gada besar dan 23 tombak.
Temuan selengkap itu belum pernah diketahui ada pada makam Moche, para ahli menduga kombinasi perhiasan dan senjata perang tersebut menggambarkan kedudukan mummi pada masanya. Menurut Hohn Verano, seorang anthropolog dari Universitas Tulane New Orleans, Louisiana – AS yang ikut terlibat dalam penelitian mengungkapkan bahwa senjata gada adalah jelas-jelas sebagai simbol kekuatan dan bukan sekedar alat untuk menyerang.

Dari makam Moche yang ditemukan sebelumnya tak ada satupun yang memiliki ciri tersebut. Mummi yang berada pada situs pemakaman kuno El Brujo ditemukan pertama kali oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Regulo Franco pada akhir tahun lalu.

Makam tersebut berada di puncak sebuah piramida Huaca Cao Viejo yang telah rusak. Puing-puing piramida itu berada di dekat kota Trujilo dan telah diketahui keberadaannya sejak jaman kolonial

ThothWeb

Kompas

Comments
  1. hanim says:

    Eh beneran mumi ya? Surprised! Mayat yang diawetin? Kayaknya ndak deh ya kalo mayat kena wabah penyakit terus dibalsem? hehe…

  2. marwan says:

    alow salam kenal..
    kalo kita dikubur, ntar ditemuin sama kayak mereka g yawh 1000 tahun lagi…hohoho

  3. cecepswp says:

    Salam kenal juga n’ thx udah “ngintip” disini😀

  4. jaya says:

    Wah neh bener bener mumi, kalo di lawanin sama yang dari mesir gimana yah?? hahaha…

  5. cecepswp says:

    Ide bagus itu, mungkin bisa jadi trilogi sequel film Mummy 😀

  6. indra says:

    may that picture is true?

  7. cecepswp says:

    I think that is true

  8. kelelawar says:

    tulangnya kok gak rapuh..wda lama banget kan….

  9. Sutrisno Trisno says:

    Itulah alasan Film The Mummi skuel k’4 mengacu pada penemuan d’negara tsb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s