Tips dan Peta Mudik 2007

Posted: September 29, 2007 in Serba serbi, Tips n' Trik

mudik-macet.JPG

Lebaran sudah semakin dekat, merayakan kemenangan setelah sebulan penuh menahan lapar dan nafsu dengan sanak saudara di kampung adalah merupakan peristiwa setahun sekali yang sangat dinantikan. Perjalanan darat menjadi alternatif terbanyak sampai sekarang untuk pulang kampung atau mudik. Untuk itu diperlukan kondisi yang fit untuk para pemudik terutama bagi yang membawa kendaraan pribadi.
Berikut ini ada beberapa tips mudik bagi yang hendak bersilahturahmi dengan keluarga di kampung halaman :

Kondisi Tubuh
Pastikan sebelum mudik seluruh keluarga dalam kondisi fit terutama untuk pengemudi.

Kondisi mobil serta perlengkapan
Periksa kondisi kendaraan di bengkel secara teliti, Jangan lupa untuk membawa peralatan mobil seperti dongkrak, tali derek, ban cadangan, kotak P3K, segitiga pengaman, senter, dan lain-lainnya

Bawa Air Mentah
Siapkan jerigen berisi air yang berkapasitas 5 liter atau botol bekas air mineral 1 liter untuk cadangan jika suatu saat harus mengisi radiator.

Bekal Makanan
Membawa bekal makanan yang praktis dan mudah dibawa selama perjalanan.

Muatan Barang
Urutkan muatan abrang berdasarkan tingkat kebutuhan. Barang yang sering dibutuhkan diletakkan pada posisi yang mudah untuk dikeluarkan, gunanya untuk menghindari membongkar atau mengeluarkan seluruh barang-barang bawaan jika akan dibutuhkan.

Kebelet Pipis (agak geli juga ngetiknya..hehehehe)
Masalah rutin bagi para pemudik, apalagi jika harus menempuh perjalanan jauh. Untuk laki-laki atau anak-anak bukan masalah besar soal yang satu ini, tetapi untuk wanita merupakan masalah besar. Untuk mengatasinya carilah tempat pengisian bahan bakar (pom bensin) terdekat dan dipastikan mempunyai toilet yang bersih serta air. Jika tidak memungkinkan tempat-tempat seperti masjid, hotel, kantor polisi, atau fasilitas umum lainnya bisa dijadikan alternatif.

Mengendalikan Diri dan Waspada
Jika berkendara dengan mobil pribadi di jalur Pantura harus siap-siap mengalah dengan bus-bus besar. Jangan mencoba mengadu kecepatan dengan mereka walau saat berkendara berada pada jalur yang benar. Jika perlu keluar dari badan jalan atau aspal untuk menghindari resiko jika suatu saat berpapasan dengan kendaraan didepan yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Membawa Peta Mudik
Peta mudik memuat jalur-jalur alternatif bagi para pengendara untuk bisa menghindari jalur-jalur yang rawan kemacetan. Nomor-nomor penting serta informasi tambahan biasanya disertakan pada peta tersebut

Alat Komunikasi
Sebaiknya sebelum berangkat baterei HP dalam kondisi terisi penuh, selama perjalanan dipastikan untuk daerah-daerah tertentu yang dilewati akan mengalami kehilangan sinyal atau Blank Spot. Sebaiknya dari anggota keluarga mempunyai nomer HP beda provider, soalnya jika sewaktu-waktu membutuhkan komunikasi kemudian melewati area blank spot bisa memakai nomer yang satunya lagi.
Lebih bagus lagi kalau membawa HT 2 Meter band, jika komunikasi lewat HP tidak memungkinkan dikarenakan low batt atau kehabisan pulsa alat tersebut bisa sangat berguna.

Online
Untuk memantau situasi dan perkembangan terkini tentang arus mudik bisa dipantau lewat notebook dengan koneksi hotspot maupun modem HP. Tapi jika tidak punya tinggal cari warnet terdekat saja.

Uang
Bawalah uang tunai secukupnya

Hiburan
Bawa cd atau kaset lagu-lagu yang menjadi favorit keluarga agar perjalanan tidak membosankan dan menjenuhkan

Lembaran Informasi
Posko-posko Mudik biasanya tersebar di banyak titik di tiap-tiap daerah, jika perlu bisa minta semacam leaflet yang dibagikan gratis untuk para pemudik. Leaflet tersebut berisi daftar posko bengkel jaga beserta nomor teleponnya, rute mudik rawan macet, restoran, SPBU, ATM di sepanjang rute perjalanan mudik.

Radio
Ini akan membantu memberikan informasi mudik di sepanjang rute perjalanan Anda. Anda bisa juga mendengarkan radio untuk mendapatkan info yang Anda inginkan.

Peta Mudik 2007
Peta Mudik yang dipublikasikan oleh Land Transport Management Centre – Departemen Pehubungan bisa dilihat disini

Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur

Peta Mudik yang dipublikasikan oleh Ditlantas Polda Jawa Tengah bisa dilihat disini
Situasi Jalur Mudik

Peta Mudik yang dipublikasikan oleh Cybermap bisa dilihat disini

Peta Mudik Jawa – Bali

Comments
  1. […] Untuk Peta Mudik dapat dilihat di Tips dan Petak Mudik 2007  […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s