Ide dan Konsep Untuk Film Dokumenter

Posted: April 21, 2010 in Video Production
Tags: , , ,

Sebuah film yang berdasarkan pada keadaan sesungguhnya atau realita sering kita sebut sebagai sebuah karya film ber-genre dokumenter. Kehidupan sosial, politik, dan budaya merupakan sumber inspirasi untuk pembuatan sebuah film dokumenter yang tak akan pernah habis. Untuk membuat konsep serta memasukkan realita kehidupan nyata kedalam visual tidaklah mudah seperti halnya membuat film yang bertema fiksi. Pembuat film dokumenter haruslah mempunyai kepekaan tinggi terhadap apa yang ia dengar, lihat, dan rasakan. Sumber ide dan konsep seperti buku, realita kehidupan sekitar, interaksi dengan orang-orang dari semua lapisan harus bisa diserap sebanyak mungkin.

Hal diatas itu merupakan bagian dari riset dan observasi selama pra produksi yang kemudian diolah menjadi sebuah konsep dasar sebelum masuk ke dalam tahapan produksi. Perlu ditekankan lebih dalam bahwa ide dalam meramu sebuah konsep tidak harus terpaku pada satu ide awal, tapi bisa dikembangkan lagi untuk mendapatkan materi yang menarik serta berbobot.

Nah sekarang sebuah ide itu dibentuk berdasarkan tujuan, atau mungkin lebih tepatnya motivasi dasar. Motivasi dasar itu bisa datang dari individu pribadi atau pihak lain seperti order dari institusi pemerintahan atau swasta. Tujuan yang berdasarkan motivasi individu dalam membangun konsep dokumenter mempunyai tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, karena selain untuk kepuasan pribadi juga harus bisa mempresentasikan kepada orang lain untuk meyakinkan bahwa konsep tersebut menarik agar mereka mau menjadi penyandang dana dalam memproduksi film dokumenter tersebut (itu situasi yang umum karena biaya produksi jarang ditanggung oleh si pembuat ide)

Setelah dukungan biaya terhadap ide tersebut sudah terpenuhi sekarang tinggal memilih tema yang akan diangkat, itu berhubungan dengan bagaimana kita akan membuatnya serta siapa target audiens dari film dokumenter yang nantinya akan dibuat. Dua hal diatas itu sangatlah penting dan harus dipenuhi sebelum melakukan/menginjak ke tahapan berikutnya.

Untuk lebih jelas dan lengkap mengenai ide dan konsep dalam pembuatan film dokumenter yang ditulis oleh Gerzon Ron Ayawaila, dosen dari Institut Kesenian Jakarta dan seorang sutradara film dokumenter silakan baca disini

Comments
  1. SEFT says:

    sayangnya film independen jarang dipublikasi ke masyarakat luas …http://bukuseft.wordpress.com

  2. […] This post was mentioned on Twitter by cecepswp. cecepswp said: Ide dan Konsep Untuk Film Dokumenter: http://wp.me/p45fy-bc […]

  3. mawa says:

    aku ingin buat film dokumenter…
    tapi tidak bertajuk pada budaya ato polotik.
    pi tentang seorang nenek super.

  4. lingga buana says:

    kalo temanya gemilang kampus ku , kira2 gmana ya knsep awal yg bgus
    thank before

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s