Tendangan Maknyus Itik Bakar Ala Mbak Minthi

Posted: September 26, 2014 in Serba serbi
Tags: , , , , , , , , ,

Mbak Minthi Spesialis Masakan MenthogMagelang sebagai salah satu kota tua yang banyak memiliki nilai sejarah tersendiri. Kota militer menjadi salah satu ikon karena terdapat sekolah akademi militer yang sudah “mencetak” beberapa pemimpin bangsa. Selain itu ada jajanan gethuk juga menjadi “trade mark” kuliner khas Kota Magelang yang terbuat dari bahan ketela.

Walaupun Kota Magelang bukan tempat tujuan wisata utama seperti halnya Yogyakarta, Solo, atau Semarang tetapi memiliki kekayaan kuliner selain Gethuk. Kupat tahu, sop senerek, sop empal, mangut lele, mangut beong, opor bebek, nasi godog, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah masakan itik bakar atau lebih dikenal dengan menthog bakar.

Menthog adalah penyebutan dalam bahasa jawa untuk unggas jenis itik. Di Kota Magelang sendiri menu kuliner itik masih belum banyak ditemui karena yang lebih dominan dijajakan adalah menu masakan bebek. Namun anda jangan khawatir karena di tengah kota ada warung kuliner spesialis masakan itik atau menthog.

Mbak Minthi, nama sebuah warung makan yang berada di dalam area pusat makanan MEGA Kuliner. Berada kurang dari 1 km dari aloon-aloon kota tepatnya di Bayeman, Jalan Tentara Pelajar no. 56. Lokasi warung Mbak Minthi ini terletak di sudut dalam pojok sebelah kanan. Menu spesial yang menjadi andalannya adalah itik bakar, selain itu ada juga itik goreng, ayam bakar, ayam goreng, opor ayam, dan rica itik/ayam.

Saya pernah mencoba jajan disana, itu juga karena rekomendasi teman yang bilang kalau itik bakar disana rasanya enak. Berburu kuliner memang bukan hobi saya, tetapi karena tempatnya tidak terlalu jauh maka iseng-iseng jajan disana. Secara umum tempatnya asik, bahkan cocok buat anak muda yang suka nongkrong sambil makan atau minum. Fasilitas hotspot dan hiburan live music pada sabtu malam serta minggu malam menjadi daya tarik tersendiri.

Kembali ke topik Mbak Minthi, setelah menunggu beberapa saat (ngga lama sih) pesanan itik bakar spesial mendarat dengan mulus di depan saya. Icip punya icip rasa itik bakar ala Mbak Minthi ini memang rasanya enak. Dagingnya empuk, gurih, dan yang lebih cucok lagi adalah rasa bumbunya nendang banget. Sebelum pulang saya mau coba menu itik goreng, tetapi bukan untuk dimakan disana melainkan dibungkus dengan lunch box untuk dibawa pulang.

Nah jika anda kebetulan sedang berada di Magelang coba saja itik bakar spesial ala Mbak Minthi ini di stand MEGA Kuliner. Saya yakin setelah merasakan “tendangan” maknyus Mbak Minthi lewat masakan spesialnya anda pasti ketagihan. Kalau masih penasaran lebih baik kunjungi website-nya di http://www.mbakminthi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s