Pembuktian Power Bank Murah Dan (katanya) Punya Daya Besar

Posted: February 12, 2015 in Elektronika
Tags: , , , , , ,

Power Bank Palsu Abal Abal

Power Bank saat ini sudah menjadi kebutuhan hampir pengguna telpon pintar atau smartphone. Smartphone yang salah satunya berbasis android sudah diketahui memakan daya baterai sangat boros apalagi jika dipergunakan secara terus menerus.

Produk power bank yang sudah membanjiri pasar Indonesia dengan berbagai merk membuat banyak pilihan bagi penggunanya. Hukum ekonomi akan berlaku jika produsen memberikan lebih dengan harga murah maka menjadi “santapan” konsumen.

Merk power bank yang ada dipasaran sekarang sudah sangat bervariasi termasuk pada soal harga. Kapasitas daya besar dengan harga yang diluar nalar menjadi buruan banyak orang. Nah akhirnya masalah timbul ketika sudah pada tahap digunakan oleh user dengan banyaknya keluhan pengisian hanya sanggup beberapa kali tidak sesuai dengan yang tertulis pada kemasannya.

Selain itu power bank tidak bisa digunakan secara maksimal karena penggunaan yang sering waktu pengisian ulang menjadi pendek karena kehabisan “tenaga”. Serta masih banyak keluhan lainnya hingga paling parah kotak ajaib penyimpan tegangan berdaya “super” ini gosong alias terbakar.

Power Bank Palsu Abal Abal
Saya bukan maniak power bank namun penasaran juga untuk membeli satu buah dengan merk SAMSUNG berdaya 38.000 mAh (itu yang tertulis pada kemasan kardus dan chassing). Harga yang saya dapatkan lebih kurang 170.000. Perlu diketahui bahwa pihak SAMSUNG sudah menyatakan bahwa mereka tidak membuat produk elektronik jenis power bank dan sudah pasti yang beredar di pasaran adalah PALSU.

Nah kembali ke topik semula, power bank “SAMSUNG” itu saya isi dulu sekitar 3 jam bahkan kurang soalnya tahu-tahu sudah penuh terisi. Setelah terisi kemudian dicoba untuk mengisi smartphone LENOVO A369i yang tinggal 30% daya baterainya. Belum juga terisi 100% atau tepatnya kisaran 70% lampu penanda kotak putih mulus ini sudah kedip-kedip satu lampu alias sudah hampir habis simpanan dayanya.

Power Bank Palsu Abal Abal
Hal tersebut tentu saja membuat saya makin penasaran. Tanpa harus mikir-mikir lagi power bank yang masih baru serta kinyis-kinyis itu saya bongkar tanpa kesulitan. Ketika lihat dalamnya sekilas ada yang janggal, ada 5 buah baterai lithium salah satunya berbeda warna.

Baterai tersebut saya angkat dari tempatnya dan…trataaaaaaa!!!…ternyata yang tersambung di rangkaian cuma satu biji baterai sodara-sodara! Baterai lainnya hanya sebagai pemberat saja dan terlihat sudah rusak karena salah satunya dicoba isi ngga’ terlihat ada tanda-tanda bisa menyimpan daya.

Power Bank Palsu Abal Abal

Power Bank Palsu Abal Abal

PowerBank Palsu Abal Abal Solder Kasar

Power Bank Palsu Abal Abal
Pembuktian akhirnya selesai dengan waktu singkat dan kesimpulannya..pantesan aja buat ngisi smarphone belum juga penuh sudah KO duluan power bank-nya. Melihat kasus tersebut perkiraan saya baterai yang cuma satu biji itu termasuk abal-abal dan paling hanya punya daya dibawah 1000 mAh, bahkan mungkin sekitar 500-an mAh saja.

Melihat kenyataan yang ada di depan mata tersebut maka saya menyarankan untuk jeli, waspada, serta berhati-hati ketika memilih power bank sebagai alat penyokong kehidupan smartphone anda. Jangan mudah terkesan dengan daya besar dan harga murah karena dapat beresiko untuk smartphone hingga penggunanya. Anda tidak mau ikut-ikutan gosong akibat power bank abal-abal yang tahu-tahu terbakar atau meledak sendiri kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s