Solusi Joomla Error Ketika Upgrade Versi Terbaru

Posted: August 20, 2015 in Tips n' Trik, Website
Tags: , , , , , ,

Solusi Joomla Error Ketika Upgrade Versi TerbaruUpdate CMS Joomla kadang-kadang tidak mulus seperti seharusnya, salah satunya adalah ketika akan upgrade versi melalui konsol administrator atau admin panel dialihkan ke halaman baru dengan pesan Cannot open file for writing log.

Anda tidak perlu pusing, cemas, jantung berdebar-debar, bahkan mau bunuh diri ketika menghadapi situasi seperti diatas. Hal itu bisa terjadi ketika migrasi beda hosting hingga perubahan struktur hosting. Untuk memastikannya hanya perlu membuat file ekstensi php di root folder hosting dengan nama apapun.

Untuk membuat file .php secara mudah bisa dilakukan melalui cPanel dengan memanfaatkan fitur New File yang ada di pojok kiri atas atau bisa juga menggunakan norepad yang nantinya ekstensi .txt diganti menjadi .php serta mengunggah (upload) menggunakan ftp manager semacam filezilla atau sejenisnya.

Isi file tersebut dengan kode dibawah ini:

<?php
$path = getcwd();
echo “Your Absoluthe Path is: “;
echo $path;
?>

Hal paling mudah adalah dengan cara copy paste kode tersebut daripada harus repot ngetik. Setelah Anda simpan dengan memberikan nama sembarang seperti tes.php silakan eksekusi dengan mengetikkan alamat http://www.namadomainanda.com/tes.php dan lihat path-nya. Setelah itu buka configuration.php serta lihat apakah path public $log_path dan public $tmp_path tertera sama seperti yang ada waktu membuka http://www.namadomainanda.com/tes.php.

Solusi Joomla Error Ketika Upgrade Versi Terbaru

Ketika ada perbedaan atau salah path silakan edit untuk menyesuaikannya. Setelah semuanya benar silakan tes dengan mengulangi upgrade versi Joomla Anda. Satu hal penting setelah semuanya berjalan normal dan proses update bisa berjalan hingga selesai, hapus file tes.php yang tadi dibuat.

Cara diatas sudah saya praktekan pada dua website yang berbasis Joomla yang berada di satu hosting yang gemar ngoprek hostingnya itu. Hasilnya…versi Joomla bisa terupgrade dengan sukses tanpa kendala yang bikin pusing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s