Inovasi Bola Penghasil Listrik

Posted: December 28, 2015 in Teknologi
Tags: , , , , , , , ,

Jessica O. Matthews with the Soccket Inovation

Ada banyak hal yang diciptakan untuk memperoleh energi laternatif di kehidupan modern sekarang ini. Salah satunya adalah inovasi yang dilakukan oleh Jessica O. Matthews, seorang perempuan yang tinggal di kota Poughkeepsie, New York, Amerika Serikat yaitu dengan membuat bola penghasil listrik berdasarkan ide untuk memberi solusi bagi negara-negara dunia ke-3 terhadap kebutuhan listrik.

SOCCKET, nama yang dipilih untuk bola pembangkit listrik tenaga kinetik ini telah menarik perhatian banyak orang termasuk orang nomor satu Amerika Serikat, Barrack Obama. Bola yang tidak perlu di pompa tersebut bisa digunakan untuk penerangan, isi ulang telpon genggam, dan fungsi-fungsi lain hanya dengan mencolokkan konektor khusus di bagian tersembunyi dari bola itu.

Soccket Invention

“Bola Listrik” prinsipnya termasuk sederhana namun inovatif. Bermain bola dalam waktu beberapa jam akan menghasilkan energi kinetik yang keluaran listriknya disimpan pada sebuah baterai isi ulang berbahan lithium. Kisaran waktu penggunaan jika bola itu dimainkan selama 1 jam maka bisa menghidupkan lampu LED selama lebih kurang 3 jam.

Alat ciptaan Jessica tersebut memiliki makna lebih karena ditengah keterbatasan sumber daya listrik di banyak negara berkembang SOCCKET menjadi inovasi cerdas untuk solusi pembangkit listrik sederhana sekaligus permainan yang menyenangkan terutama bagi anak-anak.

Jessica berharap kedepan bisa menjual bola dengan harga $99 perbuah dan distribusinya dilakukan oleh lembaga non pemerintah. SOCCKET bisa dipergunakan perangkat elektronik praktis maupun alat pengajaran ilmiah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s