Menyingkap Misteri Ramalan Nostradamus

Posted: January 9, 2016 in Misteri
Tags: , , , , , , ,

Michel de Nostradame

Michel de Nostradame

Konon berbagai kejadian jaman sekarang telah diramalkan sekitar lebih dari 400 tahun lalu oleh Michel Nostradamus, seorang ahli astronomi Perancis pada sekitar abad ke-16. Waktu itu dia telah menulis ribuan ramalan dan yang terkenal hingga sekarang adalah kumpulan ramalan yang dibuat dalam satu buku berjudul Les Prophéties.

Beberapa ahli sejarah mengatakan dalam buku yang dicetak tahun 1555 terdapat 942 ramalan aneh yang banyak dihubung-hubungkan orang-orang dengan berbagai kejadian tentang masa depan. Napoleon, Hitler, perang dunia I-II, serta kejadian lain “dipaksakan” telah diramalkan sebelumnya oleh Nostradamus.

Lebih dari 4 abad orang-orang mempercayai Nostradamus telah meramalkan berbagai peristiwa dunia seperti peperangan abad ke-20 hingga kejadian pembunuhan presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan yang paling bombastis adalah kiamat besar.

Para ahli tetap meyakini banyak ramalan Nostradamus sulit dipahami sama seperti kisah hidupnya yang tergolong rumit. Mereka berusaha mengungkap fakta-fakta ramalan untuk menguak rahasia dari setiap ramalan Nostradamus.

Perjalanan Hidup Nostradamus
Michael Nostrdamus lahir pada tahun 1503 di sebuah desa kecil St. Remy de Provence Perancis sebelah selatan. Perjalanan hidupnya diawali menjadi seorang ahli obat dengan cara berjualan secara berkelana dari desa ke desa. Pada masa itu seorang berjualan obat-obatan merupakan sebuah profesi rendahan.

Menjelang akhir usia 40 Nostradamus baru beralih ke profesi yang mempelajari tentang ilmu perbintangan. Tidak ada sumber yang menjelaskan secara pasti tentang beralihnya dari ahli obat ke ahli ramalan berdasarkan ilmu astronomi.

Pada abad ke-16 ilmu perbintangan dianggap sebagai ilmu eksak atau ilmu pasti yang berdasarkan metode penelitian serta analisis secara ilmiah. Nostradamus ternyata pernah menempuh pendidikan di sebuah universitas di Montpellier. Ada sebuah dokumen pendaftaran yang masih tersimpan hingga sekarang menunjukkan bahwa Michel de Nostradame berasal dari Remy terdaftar menjadi murid kedokteran dan perbintangan pada tahun 1529.

Pada waktu itu ilmu kedokteran dan astronomi saling memiliki hubungan erat sebelum peralatan perbintangan mampu memahami tentang planet-planet. Masyarakat masa itu sangat meyakini dan berfikir bahwa planet Mars dan Venus mempengaruhi terhadap nasib mereka.

Pengetahuan tentang astrologi sangat fundamental bagi ilmu astronomi, sehingga pada masa tersebut di setiap universitas yang ada di penjuru dunia pasti memiliki profesor yang mengajarkan tentang ilmu astrologi sebagai bagian dari kurikulum pengajaran ilmu kedokteran.

Selama Nostradamus menempuh masa pendidikannya pada usia 26 tahun dia harus mempelajari semua tentang peta anatomis yang dijuluki ZODIAC MEN serta membandingkannya dengan grafik astrologis sebagai sebuah ukuran untuk perawatan medis.

ZODIAC MEN

Gambar ZODIAC MEN

Dia harus membuat bagan-bagan atau perhitungan dalam bentuk kolom-kolom bagi pasien yang mulai sakit. Cara tersebut akan membantu dokter dalam membuat diagnosis maupun prognosis terhadap penyakit yang diderita oleh pasien. Keyakinan pada ilmu kedokteran masa itu adalah sistem tubuh dipengaruhi oleh posisi matahari, bulan, dan planet-planet lainnya.

Nostradamus mendapatkan pendidikan terbaik di Montpllier yang merupakan universitas terbaik di negara Perancis pada masa itu. Namun selang waktu 20 tahun berikutnya ternyata dia memakai ilmu kedokteran dan astronomi tersebut untuk tujuan meramal masa depan.

Alih Profesi Jadi Peramal

Sebanyak 7280 ramalan telah ditulis oleh Nostradamus dan sebagian besar dicatat dalam almanaknya. Kebanyakan ramalan Nostradamus bukan berasal dari buku ramalan melainkan merujuk pada alamanak.

Buku saku tentang prediksi tahunan Nostradamus yang sudah diterbitkan mulai tahun 1550 sampai tahun 1566. Untuk menambah penghasilannya dia juga membuat horoskop untuk meramal nasib kliennya secara pribadi.

Alamank dan horoskop tersebut tidak serta merta untuk kepentingan keuangan pribadinya saja tetapi juga membuat Nostradamus terkenal. Tidak dipungkiri bahwa selama masa hidupnya mendapat reputasi yang besar. Itu tidak hanya di Perancis sendiri, tetapi sampai ke negara-negara lain.

Hal itu menunjukkan masyarakat pada masanya memberikan kepercayaan tinggi terhadap segala ramalan yang dia buat. Masa/jaman renaissance yang terjadi pada abad ke-14 hingga abad ke-17 ada hal paling menonjol dalam kehidupan masyarakat yaitu perasaan ketakutan serta kepercayaan pada sesuatu yang bisa merubah nasib.

Nostradamus melihat itu sebagai sebuah kesempatan untuk mengambil banyak keuntungan hingga tak lama kemudian dia dikenal oleh penguasa, pejabat, dan bangsawan Perancis. Dia selalu membuat beberapa ramalan yang menarik dan salah satunya mengatakan bahwa raja harus waspada tahun ini. Ramalan itu yang menyebabkan dirinya dipanggil kedalam lingkungan kerajaan.

Nostradamus akhirnya mejnadi idola di lingkungan kerajaan termasuk salah satunya “penggemarnya” adalah Raja Henry II dan permaisurinya, ratu Catherine de Medici. Raja dan ratu kerajaan Perancis tersebut selalu merujuk pada alamanak Nostradamus. Raja akan selalu berkonsultasi dengan Nostradamus salah satunya tentang nasib dan masa depan putranya yang notabene adalah pangeran kerajaan.

Banyak orang waktu itu yang bertemu dengan Nostradamus dan melakukan konsultasi untuk mendapatkan ramalan tentang berbagai hal yang menyangkut kehidupan masa depan orang tersebut.

Buku Ramalan Nostradamus Les Prophéties

Buku Ramalan Nostradamus, Les Prophéties

Kelemahan Akurasi Ramalan

Ada alur cerita kehidupan Nostradamus yang agak rumit seperti diungkapkan oleh orang-orang disekitarnya pada masa itu. Ternyata banyak orang yang meragukan keahlian meramal Nostradamus.

Ahli perbintangan pada masa itu menjadi sebuah profesi yang kuat serta disegani. Banyak ahli astronomi lain yang kritis dan juga merupakan pesaing Nostradamus memberikan penilaian berbeda. Mereka menuduh Nostradamus telah melakukan praktik buruk dalam menggambarkan segala ramalan yang dibuatnya.

Salah satu penyebab kritik dan pertentangan diatas adalah bisa jadi faktor kecemburuan atas ketenaran Nostradamus. Para ahli-ahli perbintangan terus mencoba mengritiknya dengan berbagai cara.

Ada catatan sejarah yang menunjukkan kritikan para ahli astronomi memiliki dasar kuat. Ahli-ahli sejarah mengemukakan ada kemungkinan Nostradamus tidak menyelesaikan pendidikan kedokteran dan astronomi di Universitas Montpllier.

Bukti tersebut ada pada sebuah dokumen yang masih tersimpan hingga sekarang tentang daftar siswa kedokteran yang memperlihatkan adanya coretan pada nama Nostradamus dengan disertai catatan kecil diatasnya. Kesimpulan dari dokumen tersebut adalah dia tidak menyelesaikan pendidikan karena dikeluarkan dari universitas tersebut karena dianggap sebagai dokter atau ahli obat gadungan.

Bukti lainnya lagi adalah Nostradamus sengaja meninggalkan pendidikannya dan pada tahun 1533 dia tercatat sebagai dokter di kota AGEN ketika masih menempuh 4 tahun masa pendidikan.

Para kritikus kemungkinan memiliki alasan kuat bahwa ramalan-ramalan Nostradamus tidak akurat. Guna mencari bukti maka para ahli sejarah melakukan berbagai analisa terhadap ramalannya. Salah satu yang dianalisa adalah horoskop untuk Antoine Suffren. Disana Nostradamus meramalkan bahwa Antoine kelak akan memiliki masalah keluarga dan penampilannya memiliki jenggot, bergigi coklat, dan bungkuk. Namun kenyataannya hingga usia terakhir 54 tahun Antoine Suffren masih berpenampilan bersih dengan deretan gigi yang masih bagus, serta tidak bungkuk dan paling fatal tidak ada masalah keluarga hingga saat meninggal.

Nostradamus membuat banyak kesalahan fatal pada saat itu terkait dengan ramalan-ramalan yang dibuatnya. Kesalahan lain adalah akurasi yang kurang pada kemampuan astrologinya dengan menyelidiki grafik angka lahir yang menjadi dasar horoskop dibuat.

Grafik Astrologi Nostrdamus

Contoh Grafik Astrologi Nostrdamus

Pengujian Ramalan

Seorang ahli perbintangan modern melakukan uji kebenaran tentang metode yang digunakan oleh Nostradamus. Paul Wade, ahli astronomi modern mencari beberapa grafik kelahiran Nostradamus yang digunakan oleh para ahli perbintangan sebagai dasar horoskop seseorang.

Grafik tersebut adalah simbol dari angkasa pada saat itu dan lokasi kelahiran serta gambar dari langit. Nostradamus telah menggambar grafiknya sendiri dengan meletakkan di kovensi atau bagan buatannya. Grafik tersebut terdiri dari berbagai elemen, pertama adalah 12 konstelasi bintang yang diebut ZODIAK.

Kemudian membuat tabel menjadi 12 bagian dari kehidupan seseorang yang sering disebut dengan RUMAH. Grafik menunjukkan posisi utama dari planet dalam bintang dan bagian-bagian dari kelahiran seseorang. Kalkulasi ini mirip dasar perhitungan horoskop ahli astrologi dan jika ada kesalahan maka hasil horoskop tentu akan menjadi amburadul.

Paul Wade telah melakukan penyelidikan dan perhitungan dari ramalan Nostradamus untuk klien bernama Johannes Rosenberger dan pangeran Rudolph. Ternyata terbukti bahwa Nostradamus melakukan kesalahan pada ramalannya dulu. Pada grafik milik pangeran Rudolph terlihat ada kesalahan yang signifikan. Bulan berada pada tanda yang salah, karena Wade memperhitungkan seharusnya berada di kolom bintang Cancer saat kelahiran Rudolph. Nostradamus bukannya meletakkan itu di kolom Cancer tapi malah di kolom Gemini. Apakah ini memang kesalahan yang tak disengaja atau ada maksud lain agar mendapatkan ramalan yang “menyenangkan” kita tidak tahu pasti tentunya.

Seperti yang sudah dipahami bahwa dalam astrologi bulan adalah satu fitur perbintangan yang paling penting. Seseorang di bulan Gemini butuh seseorang untuk berbagi, butuh kehidupan sosial, butuh rumah, dan ini merupakan interpretasi yang berbeda. Hal itulah yang menjadikan kesalahan besar dalam perhitungan Nostradamus terhadap horoskop pangeran Rudolph.

Kesalahan serius lain yang juga ditemukan adalah bentuk grafiknya. Beberapa planet dan fitur astrologi lainnya berada di rumah/kolom yang salah dan hanya 2 yang berada di temapt yang benar. Bagi Wade itu sangat mengejutkan karena teknik astrologi Nostradamus berantakan.

Ketidak akuratan ramalan Nostradamus akhirnya menimbulkan kemarahan klien-kliennya. Bisa ditarik kesimpulan sederhana, jika kemampuan astrologi Nostradamus kacau maka segala ramalan yang ada di buku Les Prophéties diragukan akurasinya. Dalam halaman pembukaan buku tersebut Nostradamus menuliskan bahwa ramalan-ramalan didalamnya melalui penafsiran secara astrologi.

Ahli sejarah lain mengungkapkan bahwa ramalan pada buku Les Prophéties merupakan pengulangan dari ramalan-ramalan sebelumnya yang terdapat dari halaman sebelumnya. Bahkan juga diambil dari almanak sebelum diterbitkannya buku itu. Jadi bisa dikatakan Nostradamus menggunakan ilmu astrologi menurut pemikirannya sendiri disertai cocoklogi serta bonus ngawurologi.

Buku ramalan Nostradamus yang cetar membahana hingga abad ini bisa ditarik kesimpulan tetap eksis dan sering menjadi acuan berbagai peristiwa akibat dari cocok-cocokan yang dipaksakan. Jadi…sekarang kalau menyikapi ramalan itu harus cerdas dan bijaksana karena yang namanya ramalan itu ngga pakem alias ngga akurat. Sekarang kembali pada keyakinan para pembaca mau percaya penuh ramalan Nostradamus atau akan menjadikan ramalan tersebut sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik di masa depan. Monggo…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s