Archive for the ‘Website’ Category

Solusi Joomla Error Ketika Upgrade Versi TerbaruUpdate CMS Joomla kadang-kadang tidak mulus seperti seharusnya, salah satunya adalah ketika akan upgrade versi melalui konsol administrator atau admin panel dialihkan ke halaman baru dengan pesan Cannot open file for writing log.

Anda tidak perlu pusing, cemas, jantung berdebar-debar, bahkan mau bunuh diri ketika menghadapi situasi seperti diatas. Hal itu bisa terjadi ketika migrasi beda hosting hingga perubahan struktur hosting. Untuk memastikannya hanya perlu membuat file ekstensi php di root folder hosting dengan nama apapun.

Untuk membuat file .php secara mudah bisa dilakukan melalui cPanel dengan memanfaatkan fitur New File yang ada di pojok kiri atas atau bisa juga menggunakan norepad yang nantinya ekstensi .txt diganti menjadi .php serta mengunggah (upload) menggunakan ftp manager semacam filezilla atau sejenisnya.

Isi file tersebut dengan kode dibawah ini:

<?php
$path = getcwd();
echo “Your Absoluthe Path is: “;
echo $path;
?>

Hal paling mudah adalah dengan cara copy paste kode tersebut daripada harus repot ngetik. Setelah Anda simpan dengan memberikan nama sembarang seperti tes.php silakan eksekusi dengan mengetikkan alamat http://www.namadomainanda.com/tes.php dan lihat path-nya. Setelah itu buka configuration.php serta lihat apakah path public $log_path dan public $tmp_path tertera sama seperti yang ada waktu membuka http://www.namadomainanda.com/tes.php.

Solusi Joomla Error Ketika Upgrade Versi Terbaru

Ketika ada perbedaan atau salah path silakan edit untuk menyesuaikannya. Setelah semuanya benar silakan tes dengan mengulangi upgrade versi Joomla Anda. Satu hal penting setelah semuanya berjalan normal dan proses update bisa berjalan hingga selesai, hapus file tes.php yang tadi dibuat.

Cara diatas sudah saya praktekan pada dua website yang berbasis Joomla yang berada di satu hosting yang gemar ngoprek hostingnya itu. Hasilnya…versi Joomla bisa terupgrade dengan sukses tanpa kendala yang bikin pusing.

Tips Memperbaiki Joomla dan WordPress Yang Terinfeksi MalwareAda salah satu pengalaman saya yang menjengkelkan yaitu beberapa situs berbasis Joomla dan WordPress kalau diakses pasti diarahkan ke situs lain. Dari beberapa situs pengalihan atau redirect itu mengandung malware sehingga ada satu web berbasis joomlah yang diblokir mesin pencari. Setelah melakukan pengecekan dan anailsa tiap folder web di hosting ternyata ditemukan kode yang menginjeksi file-file berekstensi php. Kode enkripsi base64 yang biasanya muncul setelah <?php dengan penampakan salah satu contohnya diawali dengan kode eval(base64_decode ditanamkan hampir merata dari index.php hingga lainnya.

Saya pikir dengan menghapus kode di beberapa file ekstensi php yang terinfeksi permasalahan jadi selesai. Selang beberapa hari saya cek kembali ternyata lagi-lagi nongol kodenya itu. Dihapus lagi tak lama kemudian muncul. Setelah frustasi berat akibat permasalahan kode misterius yang selalu menginfeksi file php akhirnya dapat “pencerahan”. Tidak sengaja waktu salah satu web berbasis joomla dijadikan percobaan dengan menganalisa secara manual dari tiap-tiap file melalui cPanel hosting. Ada salah satu struktur folder joomla yang tidak bisa dibuka dengan pesan Data error padahal akalu dilihat lewat FTP folder tersebut bisa dibuka.

(more…)

Bagi yang suka mencari file pdf maupun doc di SCRIBD pastinya tidak asing lagi. Satu hal pasti anda harus mengeluarkan beberapa dollar jika ingin mengunduh file-file dari sana,  nah bagi yang “males” jika pakai acara bayar membayar silakan coba trik dibawah ini.

Cari alamat dokumen yang akan anda unduh, saya ambil contoh http://www.scribd.com/doc/17527732/Sony-DSRPD170-DSRPD190-MiniDV-Camera

Lihat pada angka yang saya bold.

Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan alamat http://www.scribd.com/mobile/documents/…&#8230;.., kemudian taruh barisan angka tadi dibelakangnya. Lebih jelasnya seperti ini http://www.scribd.com/mobile/documents/17527732

Nah…maka akan terbuka sebuah halaman disertai dengan sebuah pilihan untuk mengunduh file tersebut.

Tapi masih ada langkah terkahir lagi yang harus dilakukan, file yang anda unduh tersebut tidak mempunyai nama dokumen yang seharusnya dan tanpa ekstensi. Oleh karena itu setelah selesai mengunduh file itu jangan lupa untuk memberikan nama dan ekstensi file (.pdf atau .doc)

(more…)

Paypal sekarang sudah umum dan familiar sebagai sistem transaksi digital selain transfer bank maupun kartu kredit. Nah untuk menggunakan fungsi Paypal secara maksimal memang harus diverifikasi dengan menggunakan kartu kredit atau akun bank, tapi banyak juga yang belum diverifikasi dengan berbagai alasan termasuk salah satunya pada awal buat sekedar coba-coba dan akhirnya ada hasilnya alias terdapat duit yang “bertengger” didalam akun Paypal.

Kali ini yang saya bahas adalah untuk membelanjakan uang di Paypal yang belum terverifikasi untuk membeli domain serta hosting. Awal saya belanja dengan menggunakan Paypal karena bulan kemarin secara tiba-tiba (bahkan ngga’ inget) dapat transfer uang gara-gara ikut program Paypal Wishlist, ya..ngga’ banyak sih sekitar $7. Pada saat itu juga saya sedang cari-cari domain dan hosting server luar untuk bikin online shop, pertama coba Hostgator karena ada paket khusus unlimited untuk 1 bulan dengan kupon khusus seharga $0.01 dan bisa, tapi nanti kalau sudah habis perpanjangan untuk bulan berikutnya pakai harga normal (masih terhitung mahal soalnya bakalan ludes duit yang di Paypal :D).  Setelah berburu di dunia belantara dunia maya dengan di bantu oleh mesin pencari Google saya menemukan satu penyedia jasa layanan hosting dengan paket khusus $2 per tahun di 102hosting.com, setelah melakukan transaksi dengan bayar pakai Paypal yang belum terverifikasi ternyata bisa.

Selanjutnya saya berburu untuk domain, yang terjangkau dengan saldo paypal hanya yang nama domain .info. Coba beli di GoDaddy tidak bisa, mereka hanya terima transaksi paypal yang akunnya sudah terverifikasi. Akhirnya ketemu dengan namecheap dan name.com, mereka melayani pembelian domain dengan menggunakan Paypal baik yang sudah terverifikasi maupun belum. Tapi saya tidak jadi beli disana, soalnya mikir-mikir jatuhnya ke domain web.id hehehehe (padahal pengen pakai nama domain yang lucu-lucu misal seperti domain .in punya India 😀 )

Nah…jika ingin cari selain itu coba aja cari dengan kata kunci “unverified paypal for domain hosting”, kali aja ketemu lebih bagus dari yang sudah saya temukan diatas.

Daripada bengong gara-gara ngga’ ada mood buat ngedit video akhirnya iseng ngumpulin daftar domain + hosting gratisan yang sudah saya coba dan masih berfungsi sampai sekarang. Dari sekian banyak hosting gratisan yang ada saya paling demen ama XtreemHost, walau gratis tapi technical support-nya belum pernah mengecewakan. Silakan dicoba mana yang cocok.

Free Domain

UNI.CC
CO.CC
EXE.BZ
CZ.CC
CO.BE
CX.CC
CU.CC
CO.VU
GV.VG
BZ.CM
CE.MS


XtreemHost
5500 MB disk space
200 GB of monthly bandwidth
4MB file size limit
FTP access and online file manager
PHP 5.2.10 support
PHP safe_mode OFF
50 FREE MySQL databases
phpMyAdmin
50 add-on domains
50 subdomains
50 parked domains
Free CO.CC domain
POP mail + webmail
Site builder with 600+ templates
Fantastico-type script installer (iVista)
Custom .htaccess
sendmail() ON
cURL enabled
Powerful managment panel
Limited CPU usage
no ads

(more…)

Hal ini sering saya alami di beberapa hosting gratisan, setiap kali akan upgrade versi wordpress yang terbaru dengan cara otomatis pasti keluarnya Unable to locate WordPress Root directory. Installation Failed. Mau pake cara manual buang-buang waktu, ya akhirnya pasrah dengan versi script apa adanya yang disediakan oleh pengelola hosting gratisannya itu. Tapi sekarang ada caranya biar bisa jalan auto upgrade WordPress-nya itu, langkah-langkahnya seperti dibawah ini :

1. Biasanya hosting model gratisan pakai Vista Panel, pada halaman panel tersebut pilih File Manager/Online File manager kemudian cari wp-config.php dan eksekusi pada menu edit.

2. Setelah itu scroll sampai paling bawah dan masukan kode dibawah ini pada baris terbaru;

/* fix WordPress Auto Upgrade pada hosting yang menggunakan VistaPanel */

if(is_admin()) {
add_filter(‘filesystem_method’, create_function(‘$a’, ‘return “direct”;’ ));
define( ‘FS_CHMOD_DIR’, 0751 );
}

3. Simpan file tersebut dengan menekan menu SAVE (ada diatas pojok kiri)

4. Setelah selesai pindah ke halaman administrator wordpress untuk menjalankan auto upgrade, biasanya sebelum proses upgrade-nya jalan akan muncul halaman konfirmasi untuk mengisikan Connection Information. Isikan kolom hostname, username, dan password sesuai yang tercantum pada Account Setting.

Setelah itu pilihan auto upgrade dapat dipergunakan, termasuk untuk instalasi plugin 🙂

Itu pertanyaan yang dilontarkan oleh beberapa teman pada saya mengenai blog ini, bahkan mungkin sudah berkali-kali.

Sebenarnya soal domain berbayar untuk blog sudah punya sih, cuma lebih senang disini. Alasannya saya mudah saja, jika menggunakan domain berbayar dan tidak terurus maka blognya akan lenyap di jagad dunia maya. Sedangkan kalau pakai yang gratisan seperti disini sampai kapanpun tidak akan hilang biarpun orangnya mati atau ada kebijakan lain dari pengelola domain blog gratisan. Saya sempat membaca beberapa blog yang salah satunya (kalau tidak salah memakai blogspot) sudah tidak pernah ada postingan baru lagi dalam hitungan tahunan, sang pemilik blog tersebut sudah meninggal dunia.

Memang jika menginginkan untuk mengelola blog secara profesional disarankan memakai domain berbayar, tetapi kalau mempertimbangkan hal-hal yang lain salah satunya agar semua tulisan tetap eksis sampai kapanpun sepertinya wordpress atau blogspot bisa dijadikan pilihan…

CO.CC yang selama ini menjadi acuan untuk bikin domain gratisan ternyata udah ngga’ gatis lagi, gratis pemakaian hanya setahun selebihnya harus bayar $3 pertahun. Bisa sih gratis selamanya asal dengan syarat untuk personal tanpa ada embel-embel jualan maupun iklan, ketauan dikit aja untuk jualan atau buat pasang iklan pasti langsung dikira domain untuk komersial 😀

Nah sebagai alternatif selain CO.CC adalagi yaitu CO.TV Katanya sih free of charge forever, lebih baik dicoba aja.

Saya mau iseng mencoba praktek Search Engine Optimization pada blog satunya. Yang mau saya jadikan topik Sarah dan Rahma Azhari yang lagi heboh dengan foto bugilnya, ya…foto bugil pas mandi dipancuran hehehehe…

Ada 6 buah foto, 5 diantaranya dipancuran sedang yang satu biasa aja. Silakan yang penasaran masuk ke sini

wp.com ada fake login page?

Posted: December 17, 2008 in Website

Siang ini saya mau masuk ke halaman admin wp.com ternyata malah di diarahkan ke halaman login awal, padahal untuk login udah di setting auto.

Setelah saya cermati di address bar ngga’ terlihat alamatnya http://wordpress.com, tapi malah http://prologueproject.org

Saya koq trus jadi curiga yah, kejadiannya mirip kasus halaman palsunya di Friendster dulu. Untuk antisipasinya saya langsung direct ke wp-admin, langsung masuk deh, soalnya emang harusnya auto login.