Menyulap Power Bank PALSU Agar Berguna

Posted: February 13, 2015 in Elektronika
Tags: , , ,

Setelah acara bongkar Power Bank SAMSUNG PALSU bin ABAL-ABAL selanjutnya benerin jeroannya. Baterai warna biru yang sudah rusak akut dibuang, baterai warna merah jambu buat cadangan senter POLICE SWAT walau untuk arus dibilang kecil. Tinggal wadah (box) dan kit charger yang harus dimanfaatkan. Kebetulan ada 6 buah baterai asli produk dari SONY berkapasitas 1600 mAh nganggur.

Saya manfaatkan 5 buah sesuai dengan kapasitas isi dalam box powerbank. Semua baterai saya gabungkan secara pararel untuk mendapatkan arus besar. Dihitung saja 1600 x 5 = 8000 mAh (maksimal), lumayan toh😀 Ngga begitu sulit sih, walau harus potong beberapa pengait tutup atas box powerbank agar bisa tertutup rapat. Urusan kabel saya pilih yang serabut banyak serta isolator yang tebal agar tidak bikin ulah alias konsleting sana-sini.

Kejadian powerbank meleduk atau gosong terbakar karena pihak produsen menggunakan kabel kecil dengan isolator tipis sehingga ketika ada tekanan kuat pada power bank mengakibatkan isolator tersayat dan akhirnya bikin sambungan singkat antara kutub tegangan positif (+) dengan kutub negatif (-).

Menyulap Power Bank PALSU Agar Berguna

Setelah terangkai dengan benar dan tertutup rapat proses berikutnya adalah pengisian. Tidak seperti awal yang waktu pengisian baterai hanya butuh kurang dari 2 jam, yang sekarang ini hampir 8 jam lebih dikit dengan kondisi indikator baterai nyala 2 dari lampu 4 yang ada.

Pembuktian alias tes terakhir adalah ukur tegangan keluaran (output) pada kisaran 5,2 volt, tegangan tersebut masih terhitung aman. Yang terakhir HP LENOVO berkapasitas baterai 1300mAh yang udah hampir koit akibat daya tinggal 10% buat percobaan dengan di isi daya-nya menggunakan powerbank yang sudah asli baterainya.

Menyulap Power Bank PALSU Agar Berguna

Hasil tes pengisian hingga penuh 100% indikator Power Bank “SAMSUNG” hanya berkurang 1 lampu (3 lampu indikator nyala). Nah sekarang saya punya Power Bank real capacity 8000 mAh (max) selain Power Bank merk lama Zen Power real capacity 4800 mAh (max). Nah sekali lagi jangan pernah tergiur dengan yang namanya kapasitas power bank segede gaban.

Harga murah ngga jadi jaminan bahkan bisa saja bikin HP bermasalah alias rusak berat. Cari informasi lebih detail dengan membandingkan produk di banyak tempat agar uang yang Anda miliki tidak terbuang percuma hanya untuk barang “rongsokan”.

Comments
  1. risa herlina says:

    itu klo beli batre sony yg asli dimna ? brp?

    • Cecep SWP says:

      Kalau baterai Sony kurang paham, yang tau hanya baterai untuk tipe 18650 real capacity Samsung 2600 mAh 70.000 dan Panasonic 3400 mAh 190.000 (itu harga di satu tempat, tempat yang lain bisa beda lebih mahal bahkan lebih murah lagi)

  2. Miland says:

    Artikelnya keren banget Gan. Kebetulan lagi ngalami hal yang sama. Thanks ya.
    Mohon bantuan cara paralel batrenya dong. Maklum, buta elektro. Makasih sebelumnya.

    • Cecep SWP says:

      gampang kok, kutub positif dengan positif, negatif dengan negatif. Semakin banyak yang di pararel maka akan semakin besar daya yang didapatkan, sedangkan untuk tegangan nilainya tetap.

  3. adi says:

    Gan kalau pawer bang punya sayah ko dicas lama ko gak terisi pull cuman ke isi 2 lampu knapa ya??

    • Cecep SWP says:

      Paling sering kasusnya baterei sudah bermasalah dan harus ganti, kejadian lain regulator kit yang ada di dalam powerbank tidak berfungsi normal (yang terakhir ini jarang banget terjadi hanya beberapa saja)

  4. kkkia says:

    Gan mau nanya, kebetulan ane kasusnya sama kayak mas. Jadi powerbank saya kalo diisi bisa penuh, cuma isinya cuma bisa buat mengisi sekitar 30-40% hp samsung ane terus abis. Saya udah coba nih buka nah kira-kira itu masalahnya di baterenya ato apanya ya gan? Mohon pencerahannya…tempat powerbanknya sayang soalny ahehe

  5. misi gan admin,sya punya power bank samsung abal2 dgn kapasitas 78.00mAh dan batrenya sudah sya ganti semua dgn batre bekas laptop yg masih bisa digunakan(shell yg msih bagus) serta sudah sya rangkai sama seperti gambar yg pertama di atas,dan sudah berfungsi dgn normal..namun aneh nya kalo di cas gak bisa penuh2 meskipun sudah semalaman di cas,mohon kiranya solusi atau gimana mengatasi mslh yg gak bisa penuh2…indikator hanya tersisa 1 lampu lgi yg sedang mengisi..

    • Cecep SWP says:

      Ada banyak kemungkinan, daya charger rendah (ampere drop). Saya charging pake charger bawaan power bank Zen Power yang keluarannya 1 Ampere dengan waktu pengisian butuh waktu rata2 10 jam. Kemungkinan lain voltage drop hingga ngga’ sempurna saat proses charging jadi dibutuhkan multimeter untuk mengukur tegangan keluaran dari charger maupun yang keluar dari rangkaian powerbank ke baterai. Terakhir, cek baterai-nya juga dengan cara charging satu persatu dulu, ini yang saya lakukan sebelum merangkai kedalam kemasan powerbank.

  6. Luthfian Wiratama says:

    Gan power bank sya ga bisa di chas itu yg rusak apanya ? Trus sm cara ngebuka power bank nya gimana ?

    • Cecep SWP says:

      Kabel dalam lepas solderannya yang sering terjadi, selain itu bisa rusak (mati) powerbank charger kit-nya, dan kadang juga baterei sudah ngga’ mau menyimpan karena selnya sudah rusak.

      Buka powerbank seperti buka chasing hp, tapi ada juga yang susah dibuka karena kaitannya terlalu kuat jadi cara lebih aman pake kartu GSM/CDMA bekas yang ngga terpakai. Caranya cari celah yang bisa dibuka kemudian masukan kartu yang dimaksud kedalamnya trus tarik pelan2 seperti buka resleting, semoga membantu🙂

  7. kalo misalkan pake batre merk ultrafire yang 6800mAh,3,7V. bisa apa nggk gan,klo 5 batre 5800×5=34000mAh itu bisa brapa jam ngecasnya gan..???

    • Cecep SWP says:

      Perlu dikoreksi daya baterai lithium tipe 18650 di pasaran tertinggi 3400 mAh Panasonic, jadi kalau diatas itu pasti baterei abal-abal. Saya pake 5 baterei 18650 merk SONY 2000 mAh pararel proses charging bisa 24 jam lebih

  8. Laeli says:

    Bisa benerin pb sya gk bg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s