Peta Mudik 2015 Sumatera, Jawa, dan Bali

Posted: June 25, 2015 in Serba serbi
Tags: , ,

Peta Mudik 2015

Lebaran tidak lepas dari tradisi mudik bagi para perantau untuk pulang ke kampung halaman bersilahturahmi dengan keluarga, saudara, dan teman. Mudik pada masa sekarang ini tidak lepas dari alat transportasi sebagai sarana utama yang digunakan untuk perjalanan antar kota, antar provinsi bahkan hingga lintas pulau.

Anda tentu sudah memahami dan mengetahui banyak tips mengenai keselamatan serta kenyamanan selama mudik lebaran. Kali ini saya akan menambahkan beberapa hal yang tentunya sangat berguna pada saat melakukan perjalanan jauh.

Navigator
Ketika melakukan perjalanan jauh dengan waktu tempuh yang lama, Anda harus memiliki supir cadangan serta navigator yang juga berfungsi sebagai mata kedua pengemudi. Navigator duduk didepan sebelah pengemudi dan harus selalu waspada melihat segala hal dan selalu memberikan informasi serta mengingatkan pengemudi agar tetap terjaga dan nyaman selama mengemudikan kendaraan.

Handphone
Telfon genggam merupakan alat komunikasi umum saat ini dan tentunya sangat berguna dimanapun berada. Khusus untuk mudik lebaran nanti Anda harus memperhatikan dan menjaga gadget yang dimiliki tersebut tetap dalam kondisi baik. Isilah saldo pulsa minimum 50.000 rupiah untuk setiap kartu ketika akan melakukan perjalanan jauh. Pada daerah-daerah tertentu Anda tidak bisa secara mudah bisa mengisi ulang pulsa padahal untuk keadaan apapun handphone tersebut harus bisa menjadi alat komunikasi vital.

Aki Mobil
Sering pemudik yang menggunakan kendaraan sendiri terutama roda empat mengabaikan hal satu ini. Periksa kondisinya hingga kalau perlu ganti dengan yang baru agar sistem kelistrikan kendaraan anda tidak mengalami gangguan selama perjalanan mudik nanti.

Senter
Penerangan genggam ini sangat membantu Anda selama dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. Gunakan senter dengan baterai isi ulang yang sekarang ini banyak beredar di pasaran. Perlu di ingat bahwa baterai senter adalah barang vital, maka gunakan yang asli atau/dan bawa baterai cadangan secukupnya.

Logistik Makanan dan Minuman
Selama perjalanan tidak semua daerah yang dilewati bisa dengan mudah menemukan mini market bahkan sampai warung kecil sekalipun. Oleh karena itu, bawalah perbekalan makanan ringan dan air minum mineral kemasan agar Anda beserta penumpang lainnya tidak kebingungan saat membutuhkannya.

Aplikasi Mudik Real Time
Tahun ini Kepolisian Republik Indonesia memberikan kemudahan akses informasi lalu lintas secara real-time (langsung) dari CCTV yang tersebar di banyak titik jalur mudik Jawa, Bali, dan Kalimantan (wilayah lain akan ditambahkan seiring update data dari pihak Polri). Aplikasi iBolZ NTMC TV ini bisa diunduh melalui gadget Android di Google Play Store. Aplikasi ini sangat berguna bagi para pemudik untuk mengetahui situasi jalur yang akan dilewatinya hingga pilihan jalur alternatif.

Peta Mudik
Perjalanan akan semakin mudah, nyaman, dan cepat ketika pengemudi memahami daerah-daerah yang akan dilintasi. Selain itu informasi mengenai jalur-jalur alternatif guna menghindari kemacetan sangat diperlukan. Silakan anda unduh/download peta mudik digital dalam format JPEG untuk pulau Sumatera, Jawa, dan Bali di bawah ini.

Peta Mudik Lebaran 2015 | Sumatera | Jawa – Bali

Leave a comment