Honda Riding Assist Technology dan Fungsinya

Posted: December 30, 2019 in Teknologi
Tags: , , , ,

Honda adalah salah satu pelopor pengembangan teknologi baru untuk produk mobil dan sepeda. Saat ini Honda meluncurkan fitur unik untuk sepeda motornya yaitu Honda Riding Assist. Ini adalah motor konsep all-electric yang secara terus meneur menghitung setiap posisinya. Selanjutnya, itu juga bisa menggerakkan bilah-bilah untuk memastikan bahwa sepeda motor selalu tetap dalam posisi tegak. Fitur baru ini sangat membantu saat mengendarai sepeda motor saat kondisi lalu lintas yang padat.

Di Tokyo Motor Show, Honda memamerkan sepeda motor yang dapat berdiri sendiri dengan atau tanpa pengendara. Motor matic ini menggunakan teknologi robot yang sama seperti yang diciptakan Honda saat mengembangkan robot humanoid yang sedang berjalan.

Honda Riding Assist Technology

Mengapa Honda Riding Assist?
Mengendarai sepeda dengan kecepatan sangat lambat sangat menantang namun memiliki efek faktor keseimbangan. Ini membutuhkan tenaga lebih dan juga melelahkan karena pengendara harus menyeimbangkan berat kendaraan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka Honda menggunakan teknologi Riding Assist membantu keseimbangan sepeda motor hingga bisa berdiri secara tegak.

Bagaimana cara kerja Honda Riding Assist?
Untuk menjaga sepeda motor tetap tegak, Anda membutuhkan perangkat giroskopik yang besar dan berat memutarnya. Oleh sebab itu insinyur Honda memutuskan untuk tidak menggunakan Giroskop. Sebaliknya, perangkat sepeda motor Honda hanya menggunakan suatu sistem alat seukuran lampu. Itu bisa dipasang di atas roda depan. Ketika Anda menghidupkan sistem, sepeda motor tetap bisa berdiri tegak.

Fungsi auto-balancing selalu menyala bahkan ketika pengendara duduk di atas sepeda. Ketika sepeda berhenti, pengendara tidak perlu menginjakkan kaki di tanah untuk keseimbangan. Sepeda motor tersebut akan secara otomatis menyeimbangkan bahkan saat mengendarai dengan kecepatan sangat lambat. Ini sangat bermanfaat saat berkendara di lalu lintas yang padat khsusunya di perkotaan besar. Bahkan ketika si pengendara turun dari sepeda motornya tetap dapat mengikuti pengendara ke mana pun ia pergi.

Teknologi di belakang Honda Riding Assist
Honda memperoleh teknologi ini dari ASIMO, produk robot humanoid yang telah banyak membuat orang-orang tertarik. Honda Riding Assist menggunakan teknologi robotika yang telah terbukti ini untuk menciptakan sebuah sepeda motor bisa menyeimbangkan dirinya sendiri secara otomatis. Hal itu sangat mengurangi kemungkinan jatuh ketika sepeda motor melaju sangat lambat atau berhenti. Honda memiliki misi untuk meningkatkan sensasi dan pengalaman mengendarai sepeda motor. Kecanggihan teknologi Honda Riding Assist ini akan diterapkan pada jenis sepeda motor besar maupun kecil yang dipergunakan untuk perjalanan harian.

Leave a comment